Sunday, September 4, 2016

Tabernakel Israel (Tabernacle of Moses / Kemah Allah / Rumah Allah / Bait Allah)

Arti yang Indah dari Tabernakel (Rumah Allah)


  1. Halaman – Wilayah Kebenaran Allah – Allah mengerjakan pembenaran terhadap orang-orang yang menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya secara pribadi.- Ini adalah proses pengampunan / “penutupan” dosa oleh darah Kristus.
  1. Ruang Suci – Wilayah Pembersihan / Penyucian Allah – Allah mengerjakan proses pembuangan dosa-dosa dari kehidupan orang-orang yang berasal dari “Halaman”. – Ini juga adalah “proses pembentukan karakter Kristus” di dalam manusia melalui pertolongan Firman Allah dan Roh Kudus.- ini adalah proses pembuangan sifat-sifat dosa dengan bantuan Roh Kudus.
  1. Ruang Maha Suci – Wilayah Pengudusan / Kesempurnaan Allah – Allah menyempurnakan orang-orang yang berasal dari “Ruang Suci” sebagai tanda selesainya proses penyucian / pembuangan semua dosa dan keinginan akan dosa dari dalam hati dan pikiran manusia.- Ini adalah terbentuknya karakter Kristus di dalam manusia – di sinilah orang-orang baru dapat di sebut mempelai wanita Kristus.- Ini adalah penyucian sepenuh 100% dari sifat-sifat dosa manusia.
SUMBER: http://pedson.blogspot.co.id/2008/11/arti-yang-indah-dari-tabernakel.html

Tahukah Anda bahwa kerinduan Allah untuk menyatakan diri-Nya kepada umat-Nya lebih besar daripada kerinduan umat-Nya untuk melihat-Nya !!!

Tabernakel pada zaman ketika Musa memimpin bangsaIsrael keluar dari tanah Mesir ternyata mempunyai arti-arti rohani yang dalam dan sangat penting untuk kehidupan manusia mulai dari zaman dahulu, zaman sekarang, bahkan sampai pada kedatangan Tuhan.

Tujuan Allah memerintahkan bangsa Israel membangun Tabernakel adalah supaya Allah bisa tinggal bersama mereka, umat-Nya (Kel 25:8), dan supaya umat-Nya juga bisa belajar taat dan beribadah kepadaNya. Dan kalau Allah tinggal bersama umat-Nya, maka sudah bisa dipastikan bahwa umatNya itu terlindungi, terpelihara, dibela, dan selalu mengalami kemenangan terhadap musuh-musuh mereka.

Dari Tabernakel Musa dan arti-arti rohaninya inilah, semua orang di dunia bisa melihat, sudah sampai dimana tingkatan rohaninya masing-masing dihadapan ALLAH.

Mari kita lihat secara singkat tentang betapa agungnya rencana Allah untuk kehidupan manusia di dalam tabernakel dan makna-makna rohaninya:
Tabernakel Musa / Israel adalah gambaran dari Kerajaan Sorga.
Tabernakel terbagi atas 3 daerah = Sorga terbagi atas 3 wilayah
  1. Halaman (Kerajaan Surga Tingkat Satu)
  2. Ruang Kudus (Kerajaan Surga Tingkat Dua)
  3. Ruang Maha Kudus (Kerajaan Surga Tingkat Tiga)
  • Pintu Gerbang (Pintu untuk masuk ke Halaman)
Arti dari Pintu Gerbang adalah Yesus sebagai Pintu (Yoh 10:9). Pintu gerbang Tabernakel juga berarti PEMISAH antara Wilayah Kerajaan Setan dan Wilayah Kerajaan ALLAH, zona Kegelapan dan zona Terang, orang-orang yang binasa dan orang-orang yang selamat, daerah pemerintahan Iblis dan daerah pemerintahan Allah.

Orang-orang yang menerima dan percaya dengan segenap hati bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat di dalam hidupnya, pasti akan diselamatkan dari kebinasaan kekal di neraka. Menerima Yesus berarti menerima Dia sebagai “Kepala” di dalam kehidupan kita.

Masuk melalui Pintu gerbang = menerima Yesus sebagai Juruselamat = menerima baptisan darah, dengan kata lain dibaptis oleh Darah Yesus dan masuk ke dalam “Tubuh Kristus Universal”.

Setelah melewati pintu gerbang, maka kita masuk ke daerah Pelataran / Halaman dari Tabernakel di mana terdapat dua alat yang bernama mezbah korban bakaran dan bejana pembasuhan.

Berada di Halaman berarti berada di daerah Pembenaran / Kebenaran dari Allah. Dalam daerah ini kita mengalami perlindungan dari Allah. Kita dilindungi dari Hukuman Dosa, Kuasa Kegelapan, dan Kebinasaan.

Hidup di dalam Kristus = menjadi ciptaan baru.

  • Mezbah Korban Bakaran
Arti Mezbah Korban Bakaran adalah Salib Kristus di Golgota.
Yesus adalah Anak Domba yang telah tersembelih di Golgota, mencurahkan darahNya untuk menghapus semua dosa setiap orang yang percaya kepada-Nya.
Jadi bagi kita yang telah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan, hendaknya selalu hidup di dalam pertobatan (menghasilkan buah-buah pertobatan) dan perdamaian dengan Allah, supaya kita selalu berkenan kepadaNya.

  • Bejana Pembasuhan (yang terbuat dari tembaga)

Arti dari Bejana Pembasuhan Tembaga adalah Baptisan Air, sebagai tanda pertobatan yang bisa dilihat oleh umum.

Baptisan air itu menunjukkan bahwa barangsiapa yang mati untuk Kristus / bersama Kristus pasti akan dibangkitkan bersama Kristus / mengalami pembenaran dari Allah dan dibebaskan dari Murka / Hukuman Allah yang dahsyat.

Tembaga artinya Penghukuman Allah atas dosa.
(Jadi, Mezbah Korban Bakaran dan Bejana Pembasuhan adalah "sarana" yang dipakai Tuhan untuk "membersihkan" kehidupan kita, supaya kita boleh mendekat kepadaNya dan melayani-Nya)

  • Pintu Kemah / Pintu Ruang Kudus
Arti Pintu Kemah adalah mengalami Baptisan Roh Kudus.
Dalam Ruang Kudus, Tuhan mau supaya kehidupan kita senantiasa mengalami "penyucian/pemurnian" dari Tuhan dan melayani Dia.
(Yesus membaptis kita dengan Roh Kudus dan dengan api)
Supaya dengan kekuatan dan kuasa Roh Kudus: kita bisa bertumbuh dalam kerohanian, menjadi “saksi / terang” buat sesama, menghasilkan buah-buah dan karunia-karunia, dan bisa menyembah Allah dalam roh dan kebenaran.
Supaya kita juga dapat melayani Tuhan bukan dengan kekuatan manusia melainkan oleh kekuatan Roh Allah dan dengan cara yang berkenan kepadaNya.

  • Meja Roti Sajian
Arti Meja Roti Sajian adalah bersekutu dengan Yesus Kristus melalui Firman Allah dan Perjamuan Suci.

Kuasa Firman Allah akan semakin bertambah besar dalam kehidupan kita, sejauh mana dan seberapa besar kita meyakini kebenaran-kebenaran di dalam Firman Allah.

Iman itu senantiasa mematuhi Firman Allah baik yang tertulis maupun lisan.
(Peningkatan di dalam Iman)

  • Pelita Emas
Arti Pelita Emas adalah bersekutu dengan Roh Kudus untuk menjadi saksi Kristus.

Menjadi Saksi Kristus artinya menjadi terang dan garam bagi sesama kita. Bukan hanya berkata-kata tentang Tuhan kepada sesama, tapi yang terutama adalah sungguh-sungguh menolong sesama kita yang sedang membutuhkan pertolongan, baik soal rohani maupun lahiriah. Karena dengan langsung menolong sesama manusia, maka kita sudah menjadi "Firman yang hidup" bagi mereka. Karena pelita emas juga melambangkan Firman Allah.
(Firman Allah dan Roh Kudus adalah Dwitunggal yang tidak mungkin dipisahkan)
(Peningkatan di dalam Pengharapan)

  • Mezbah Dupa
Arti Mezbah Dupa adalah bersekutu dengan Allah Bapa di dalam doa.
Mezbah Dupa juga berarti kehidupan doa dan penyembahan kita yang “membara” kepada Allah.
Doa/penyembahan yang merobek "daging" (mematikan kehendak/hawa nafsu tubuh manusia) adalah Doa/Penyembahan yang berhasil, yang bisa menembusi tirai ruang maha kudus dan sampai kepada Takhta Allah.
(Peningkatan di dalam Kasih)


  • Pintu Tirai / Pintu Ruang Maha Kudus
Arti Tirai adalah Tubuh Manusia / Daging dari Yesus Kristus.
Tirai juga berarti adalah “daging dan pemikiran daging”, yang menghalangi dan memisahkan kita dari Takhta Allah di sorga.
Jadi, melalui kematian Yesus di salib, terbukalah jalan yang baru bagi seluruh umat manusia menuju Ruang Maha Kudus.
(Dalam Ruang Maha Kudus, Tuhan mau menyempurnakan, menguduskan dan menebus kita secara permanen supaya kita tinggal bersama dengan Dia di sorga selama-lamanya)

  • Tabut Perjanjian Allah
Ini melambangkan:
  • Naungan Perlindungan yang sempurna dari Allah Tritunggal (Allah Bapa - Allah Anak - Allah Roh) kepada Umat-Nya (Gereja-Nya yang telah disucikan dan ditebus oleh Darah Yesus) 
  • Juga melambangkan Pernikahan antara Mempelai Pria Sorga dan Mempelai Wanita Sorga, yakni Tuhan Yesus Kristus dan GerejaNya (Tubuh Kristus Universal)
  • "Gereja" yang telah memiliki iman, harap, dan kasih, yang kekal / permanen di dalam kehidupannya.
  • Takhta Allah
  • Penyatuan yang permanen antara Allah Tritunggal Maha Kudus dan “Gereja”.
  • Disaat "Gereja" memuliakan Allah, maka Allah juga akan mengangkat "GerejaNya" untuk dipermuliakan.

SUMBER: http://pedson.blogspot.co.id/2007/12/tabernakel-israel-tabernacle-of-moses.html

DENAH TABERNAKEL







SUMBER: http://pedson.blogspot.co.id/2008/06/denah-tabernakel.html

YESUS MAU BER - TABERNAKEL DALAM DIRI KITA !!!

Yesus sebagai Tabernakel yang hidup
Tabernakel = Kemah Suci = “Tempat Kediaman” (Kel 25:8)
Melambangkan: YESUS adalah TABERNAKEL = Firman yang menjadi daging dan berdiam/bertabernakel di antara kita (Yoh 1:14)
· PINTU GERBANG (Kel 27:16)
Melambangkan: YESUS sebagai SATU-SATUNYA “PINTU KESELAMATAN” bagi kita. (Yoh 10:7,9; Matius 7:13-14; Lukas 13:24)
· PELATARAN (Kel 27:9-16)
Melambangkan YESUS adalah KEBENARAN ALLAH yang hidup dalam hidup kita, dengan maksud supaya kita dilindungi dari murka ALLAH, yakni ALLAH yang membenarkan kita karena IMAN kita kepada YESUS KRISTUS. (Roma 3:22,26,28,30; Efesus 2:8a)
YESUS membawa hidup kita ke dalam “PEMBENARAN KARENA IMAN” atau “Daerah Keselamatan”.

· MEZBAH KORBAN BAKARAN (Kel 27:1-8)
Melambangkan: YESUS sebagai:
  1. KORBAN (satu kali untuk selamanya) dari Murka ALLAH karena dosa-dosa kejahatan dan kenajisan kita. Oleh karena itu Dia sekarang menjadi Pengampun/Penghapus/Penebus dosa-dosa kita melalui pertobatan kita dengan segenap hati.(Roma 6:103:24; 2 Kor 5:21; Yoh 1:29; Ibr 2:9; 9:26,28; Roma 5:25; Kis10:43)
  2. PENDAMAIAN KITA (Roma 3:255:11; 2 Kor 5:18-19; Ibr 2:17)
  3. “MAKANAN” KITA melalui Firman-Nya (Yoh 6:35a,48,50-51,53-58)
  4. “MINUMAN” KITA melalui Roh-Nya (Yoh 6:35b,55b,56)
nomor 2,3,4 harus berlanjut terus tanpa akhir. Sebab ini adalah ‘atmosfir’ persekutuan antara ALLAH dan anak-anak-Nya.

· BEJANA PEMBASUHAN (Kel 30:17-21; 38:8)
Melambangkan: YESUS sebagai PEMBAHARU HIDUP KITA / Membuat hidup kita jadi baru di dalam ALLAH. (Titus 3:5; Markus 16:16; Yoh 3:3-7; Efesus 5:26; Wahyu 21:5)

· PAPAN dan KAYU LINTANG (Kel 26:15-30)
Melambangkan: YESUS sebagai PENGIKAT dan PEMERSATU UMAT-NYA DI SELURUH ALAM SEMESTA, BAIK DI BUMI MAUPUN DI SURGA (GEREJA/TUBUH KRISTUS UNIVERSAL) MELALUI KEKUATAN SALIB-NYA – Tidak ada persatuan lain di dunia yang lebih solid daripada persatuan sejati sesama anggota Tubuh Kristus. Persatuan yang solid dari anggota-anggota Tubuh Kristus akan membentuk “Ruang Suci dan Ruang Maha Suci”, di mana Roh Kudus akan bekerja dengan dahsyat dan Kemuliaan Allah akan dinyatakan dalam kehidupan “Gereja” maupun secara pribadi.(Efesus 2:14-22; Kol 1:20-23, Fil 2:1-4; 1Kor 10:24,33; 1Tes 5:11; Efesus 4:9-16)

· TENDA2 dan TUDUNG 2 (Kel 26:1-14)
Melambangkan: YESUS sebagai PELINDUNG YANG SEMPURNA DARI HUKUMAN ALLAH YANG DAHSYAT, PERLINDUNGAN BAGI KITA YANG HIDUP DI DALAM IMAN, PENGHARAPAN (KESUCIAN/KEKUDUSAN), DAN KASIH. (Wahyu 7:15-16)
  1. Tenda Tabernakel = Iman dan perbuatan2 Iman
  2. Tenda bulu kambing = Kekudusan dan perbuatan2Kudus
  3. Tudung kulit domba jantan yang diwarnai merah = Kasih dan perbuatan2 Kasih
  4. Tudung kulit lumba-lumba/mina gajah (gajah laut) = Perlindungan dari Penghukuman ALLAH.
Yesus rela menjadi “Tudung kulit Mina Gajah / Lumba-lumba” yang buruk. Tudung ini kelihatan jelek karena tudung ini menahan segala gempuran hujan, badai angin/pasir, panasnya sinar matahari, dll. Ini melambangkan Yesus yang rela menjadi buruk - seburuk-buruknya, dan jelek- sejelek-jeleknya, karena CINTA-NYA yang begitu kuat kepada kita dengan cara MENANGGUNG aliran MURKA ALLAH yang sangat dahsyat yang sebenarnya harus jatuh kepada kita, manusia-manusia yang berdosa.
Yesus sangat menderita dan mengalami kematian yang begitu mengerikan. Dia menderita kesakitan dan kesedihan yang tidak pernah dirasakan oleh orang tak beriman, yaitu sama sekali terpisah dari ALLAH, Bapa-Nya. Yesus mengalami penderitaan jiwa yang terkutuk. Dia mengalami siksaan kematian yang kedua, supaya kita bebas dari kematian yang kedua. (2Kor 1:10; Gal 3:13; Yes 52:13-14; Yes 53:2-12, Zakharia 3:1-10)

· PINTU KEMAH (Kel 26:36-37)
Melambangkan: YESUS sebagai PEMBAPTIS kita dengan ROH KUDUS / Yang memenuhi / membanjiri hati kita dengan Roh Kudus. (Yoh 1:32-34; Kis 1:8, Kis 2:4,33)

· MEJA ROTI SAJIAN (Kel 25:23-30, Imamat 24:5-9)
Melambangkan: YESUS sebagai ROTI HIDUP (FIRMAN ALLAH) yang telah turun dari SORGA. (Yoh 6:35,48,50-51,58)

· PELITA EMAS (Kel 25:31-40)
Melambangkan: YESUS sebagai TERANG HIDUP BAGI SELURUH DUNIA.
(Yoh 8:12; 9:5; 12:35-36)

· MEZBAH DUPA EMAS
Melambangkan: YESUS sebagai PENDOA SYAFAAT yang kuat, supaya kita tetap dilindungi dan diselamatkan oleh ALLAH.
(Ibrani 7:25, Yoh 17:1-26, Lukas 22:31,32)

· TIRAI Pemisah Ruang Suci dan Ruang Maha Suci (Kel 26:31-33)
Melambangkan: YESUS sebagai PEMBUKA JALAN KE SURGA, dengan jalan merelakan daging-Nya sendiri terkoyak hingga mati di kayu salib.
(Ibr 10:19-21, Markus 15:37-38)

· TABUT PERJANJIAN
Melambangkan YESUS sebagai MEMPELAI PRIA SURGA yang menikah dengan MEMPELAI WANITA-NYA yang telah disempurnakan, yakni GEREJA / TUBUH KRISTUS UNIVERSAL.
(Wahyu 19:7; Yoh 3:29; 2 Kor 11:2; Efesus 5:29-32)

SUMBER: http://pedson.blogspot.co.id/2008/01/yesus-mau-ber-tabernakel-dalam-diri.html

ARTI ROHANI 7 HARI RAYA ISRAEL (Dari Malaikat Gabriel)


7 Hari Raya Israel = 7 Hal yang diutamakan Allah dalam kehidupan manusia:
  1. Hari Raya Paskah/Pesach (Imamat 23:4-5) = Darah Kristus. Hubungan kita yang terputus dengan Allah karena dosa hanya dapat disambung kembali melalui pertobatan dan percaya kepada kuasa Darah Yesus yang sanggup menghapus segala hutang dosa kita. Dengan menggunakan DarahYesus, segala dosa-dosa kita yang tercatat di dalam buku-Nya akan dihapus oleh Allah.
  1. Hari Raya Roti Tidak Beragi (Imamat 23:6-8)= Persahabatan dan Persekutuan dengan Allah; Allah ingin kita selalu mempunyai hubungan yang erat dan indah dengan Dia melalui Firman-Nya dan Roh-Nya.
  1. Hari Raya Hasil Pertama dari Tuaian/Buah Sulung/Buah Bungaran (Imamat 23:9-14) = Yesus Bangkit/Hidup; menguburkan kehidupan lama kita bersama-sama dengan kematian Kristus dan bangkit berjalan dalam kehidupan yang baru bersama dengan Kristus dalam kebangkitanNya.
  1. Hari Raya Pentakosta/Shavuot (Imamat 23:15-22) = Baptisan Roh Kudus; baptisan Roh Kudus melengkapi kita dengan kuasa agar menyerupai Yesus; menjadikan kita anak Allah dan menolong kita untuk hidup sebagai anak-Nya sangat diperlukan untuk menyucikan dan menyatukan Tubuh Kristus.
  1. Hari Raya Peniupan Sangkakala/Nafiri/Serunai/Rosh Hashanah (Imamat 23:23-25) = Memberitakan Injil (Kabar Penebusan) ke seluruh dunia/menjadi Saksi Kristus/menjadi firman yang hidup bagi sesama manusia.
  1. Hari Raya Pendamaian/Yom Kippur (Imamat 23:26-32) = Pendamaian dan Penyucian dan Penebusan oleh Korban Kristus; pembaharuan terus-menerus oleh kuasa korban-Nya.
  1. Hari Raya Pondok Daun/Sukkot (Imamat 23:33-36) = Kedatangan Yesus Kristus kembali; mempersiapkan diri dan hidup kita untuk menyambut kedatangan-Nya untuk hidup kekal bersama-Nya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...