Sunday, January 15, 2017

mengapa orang kristen beribadah bernyanyi sambil bertepuk tangan?


Sering Dengarkan Musik Baik Buat Kesehatan Lho!

Reporter : Dwi Ariyani | Rabu, 5 Agustus 2015 10:01
  •  
  •  
  •  
Sering Dengarkan Musik Baik Buat Kesehatan Lho!
Sering Dengarkan Musik Baik Buat Kesehatan Lho!. ©2015 Shutterstock
Merdeka.com - Pekerjaan yang menggunung kadang memicu pikiran menjadi penat. Stuck dan tidak bisa berpikir secara jernih. Untuk mengusirnya, sebagian orang memilih untuk mendengarkan musik. Tidak begitu sulit, karena kehadiran smartphone memang sudah menunjang fasilitas hiburan semacam musik. Selain menenangkan pikiran, ternyata mendengarkan musik juga memberikan manfaat bagi kesehatan.
Mengurangi Tekanan Darah
Tak banyak yang tahu jika mendengarkan musik dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Centre pada tahun 2008, berhasil mengungkapkannya. Dijelaskan bahwa mendengarkan musik dan membuat pembuluh darah melebar, sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah.
Mengurangi Stres
Hasil studi yang dilakukan di Inggris dan Jerman pada tahun 2008 menunjukkan bahwa mendengarkan musik selama 50 menit mampu mengurangi stres. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa meningkatkan antibodi dalam tubuh. Penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology tahun 2011 juga menambahkan musik yang menyenangkan dapat menurunkan kadar hormon stres, yaitu kortisol.
Meningkatkan Kesehatan Jantung
Di samping sirkulasi darah yang lancar dapat berperan secara tak langsung untuk menjaga kesehatan jantung, ada manfaat lain mendengarkan musik untuk jantung. Saat mendengarkan musik, denyut jantung cenderung meningkat. Menurut Dr Miller dalam laporannya di Daily Mail, tingkat variabilitas jantung ini bisa meningkatkan kesehatan jantung.
Melawan Asma
Saat asyik mendengarkan musik, secara tak sadar seseorang juga ikut bernyanyi. Selain dapat mengusir stres, aktivitas tersebut ternyata dapat menjauhkan diri dari asma. Bernyanyi membantu seseorang untuk belajar bernapas lebih efektif.
Putar beragam genre musik yang disuka lewat gadget yang dimiliki. Jika belum punya, bisa cek katalog di online shop. Kebanyakan orang biasanya memilih brand SAMSUNG. Bukan hanya varian, harga HP SAMSUNG juga bisa dilihat di online shop dengan mudah.
[aik]
sumber: https://www.merdeka.com/gaya/sering-dengarkan-musik-baik-buat-kesehatan-lho.html

Manfaat Tepuk Tangan bagi Perkembangan Otak Anak

Kalau kau suka hati tepuk tangan, prok prok prok. Masih ingat lagu itu? Saya yakin anda semua paling tidak pernah mendengarnya. Ah, jadi ingat masa kecil :)



Tapi bagi anda para orang tua yang memiliki anak balita, ternyata ada hal menarik lho yang ada dibalik lagu anak-anak. Dan saya rasa itulah sebabnya orang tua zaman dulu selalu mengajari buah hatinya untuk menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan.

Tepuk tangan dapat tingkatkan kecerdasan anak!

Seorang peneliti dari Ben-Gurion University of Negev melakukan studi pertama tentang asosiasi antara lagu yang dinyanyikan dengan bertepuk tangan dan tingkat kecerdasan anak.

"Kami menemukan bahwa anak-anak kelas satu, dua dan tiga sekolah dasar yang menyanyikan lagu ini sambil bertepuk tangan menunjukkan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan anak-anak yang tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujar Dr Idit Sulkin, anggota dari BGU's Music Science Lab in the Department of the Arts, seperti dikutip dari Sciencedaily, Sabtu (1/5/2010).

Selain itu, kegiatan tepuk tangan dapat melatih perkembangan motorik pada tangan anak, sehingga dalam perkembangan selanjutnya anak akan lebih mudah dalam belajar menulis, melukis, membuat kerajinan, dan lain sebagainya. Tulisan mereka pun akan minim salah eja.

Lebih jauh, kegiatan menyanyi sambil bertepuk tangan yang dilakukan secara bersama-sama akan meningkatkan integritas sosial anak dengan teman-teman sebayanya, membuat mereka lebih mudah bergaul di masa depan.

Dalam studi yang dilakukan oleh Dr.Sulkin, Dr.Sulkin melibatkan diri dalam kegiatan bernyanyi anak-anak selama 10 minggu untuk memberikan pelatihan tentang bernyanyi sambil bertepuk tangan, dan hasilnya sangat menakjubkan.
Anak-anak merasa sangat terhibur dengan kegiatan tersebut, kemampuan motorik dan kognitif mereka meningkat dengan pesat dalam waktu yang sangat singkat.

"Dalam waktu yang singkat tersebut, anak-anak memiliki kemampuan kognitif yang baik serta membantu kemampuan motoriknya dalam melakukan aktivitas. Karena itu sebaiknya hal ini masuk dalam pendidikan untuk anak usia 6-10 tahun dengan tujuan meningkatkan kemampuan motorik dan kognitifnya," ujar Dr Sulkin.

Maka, jika diamati, bernyanyi sambil bertepuk tangan dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan emosional, fisiologis, sosiologis, dan kognitif pada anak untuk dibawa ke tahap pertumbuhan berikutnya.

Jadi, kalau kau suka hati mari kita lakukan kalau kau suka hati tepuk tangan :)
sumber: http://anomalibio.blogspot.co.id/2010/05/kalau-kau-suka-hati-tepuk-tangan-prok.html


6 Khasiat mengejutkan dari tepuk tangan yang selama ini tersembunyi!

Reporter : Yoga Tri Priyanto | Senin, 16 Januari 2017 00:01
  •  
  •  
  •  
6 Khasiat mengejutkan dari tepuk tangan yang selama ini tersembunyi!
Manfaat tepuk tangan. © boldsky.com
Merdeka.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ternyata bertepuk tangan memiliki khasiat yang sangat besar dalam hal kesehatan. Bagaimana bisa?

Pergi.com - Promo Rp 200.000 untuk lanjutin liburan seru-muKita tentu tahu bahwa titik di beberapa bagian tubuh kita memiliki 'hubungan gelap' dengan sejumlah organ di dalam tubuh yang tentu saja tidak kasat mata. Seperti halnya saraf dan lain sebagainya. Nah, ketika kita menekan salah satu dari seian banyak titik tersebut, secara otomatis akan terhubung ke organ untuk membantu menyembuhkan organ tersebut. Semacam pijat refleksi. Begitu kira-kira.

Nah, khusus di tangan kita ada setidaknya dua puluh delapan titik yang tersembunyi. Jika kita bertepuk tangan, maka titik-titik tersebut akan terangsang dan pada akhirnya mempengaruhi organ-organ di dalam. Salah satu khasiat dari tepuk tangan adalah merangsang otak karena memperlancar darah menuju otak. Sehingga kemampuan otak akan semakin tajam. Ini akan sangat baik untuk kegiatan anak-anak. Lantas khasiat apa lagi yang bisa didapat dari tepuk tangan? Merdeka sudah merangkumnya untuk Anda, dan silakan simak ulasannya di bawah ini!

6 Khasiat mengejutkan dari tepuk tangan yang selama ini tersembunyi!
Manfaat tepuk tangan.

1.
Menigkatkan sirkulasi darah

Merdeka.com - Bertepuk tangan setidaknya dua puluh hingga tiga puluh menit ternyata mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu juga efektif dalam memperlancar arus darah ke arteri dan vena.

Hal ini secara otomatis dapat membantu dalam memberikan energi pada tubuh dan juga menyokong aliran oksigen ke berbagai bagian tubuh.


Manfaat tepuk tangan.

2.
Meringankan radang sendi

Merdeka.com - Bertepuk tangan secara mengejutkan juga sangat bagus untuk orangyang menderita arthiritis. Hal ini sangat efektif dalam membantu menyingkirkan nyeri sendi, nyeri punggung, dan nyeri leher. Orang yang menderita nyeri-nyeri seperti itu telah terlihat lebih baik setelah melakukan beberapa kalitepuk tangan. Di sini tepuk tangan memainkan peran sebagai peringan rasa sakit.
Manfaat tepuk tangan.

3.
Mencegah penyakit paru-paru

Merdeka.com - Bertepuk tangan membantu dalam melancarkan aliran oksigen dan darah ke paru-paru. Sehingga hal ini sangat berengaruh untuk menyingkirkan masalah kesehatan seperti asma dan penyakit paru-paru tertentu.

Tak heran jika ada beberapa pengobatan alternatif yang menggunakan metode tepuk tangan untuk menyembuhkan pasiennya.
Manfaat tepuk tangan.

4.
Tekanan darah rendah

Merdeka.com - Bertepuk tangan ternyata juga sangat baik untuk Anda yang kebetulan menderita tekanan darah rendah. Pasalnya, bertepuk tangan akan meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh. Tentu saja hal ini dapat membantu dalam menjaga tekanan darah menjadi normal.

Manfaat tepuk tangan.

5.
Menyembuhkan masalah pencernaan

Merdeka.com - Percaya atau tidak, tepuk tanganjuga akan menyembuhkan masalah pencernaan. Temuan ini dipublikasikan melalui laman Boldsky (14/1), yang mana dikatakan bahwa tepuk tangan meringankan rasa sakit atau mulas di perut.
Manfaat tepuk tangan.

6.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Merdeka.com - Tidak dijelaskan secara rinci bagaimana ini bisa terjadi. Namun Boldsky (14/1) menuliskan dalam lamannya, bahwa bertepuk tangan dapat secara efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu untuk mencegah berbagai infeksi yang akan masuk kedalam tubuh.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...