Kesengsaraan Yeshua haMashiach atau Yesus Kristus secara khusus adalah peristiwa paling bersejarah yang pernah disaksikan oleh seluruh ciptaan Elohim. Kitab Suci mengatakan kepada kita bahwa jauh sebelum dasar bumi diletakkan, Elohim telah merencanakan bahwa peristiwa penyaliban Yeshua haMashiach atau Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan dan pembayaran bagi dosa – satu-satunya pembayaran yang akan memperdamaikan seorang pendosa kepada Elohim yang Maha Kudus dan Kasih.
1Petrus 1:18-20 Dengan mengetahui, bahwa kamu sudah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia, yang diwariskan oleh leluhurmu, bukan dengan barang yang fana, perak ataupun emas, melainkan dengan darah yang mahal, bagaikan anak domba yang tanpa cacat dan tanpa noda, yaitu Kristus, yang memang telah diketahui terlebih dahulu sebelum permulaan dunia, tetapi baru dinyatakan pada masa yang terakhir bagi kamu (ILT)
Dalam bahasa Ibrani, Yeshua artinya keselamatan. Nama Yeshua berasal dari akar kata bahasa Ibrani Yahushua (disingkat Yeshua atau Yosua), artinya: Yahweh adalah keselamatan.
Nama Yeshua diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi Iesous, artinya sama dengan Yeshua: Yahweh adalah keselamatan. Nama Iesous ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Jesus (bahasa Indonesia: Yesus). Jadi nama Yesus bukan berasal dari nama Zeus (dewa Yunani).
Mashiach artinya: yang diurapi (=bahasa Yunani: Christos; atau Kristus: yang diurapi).
Sepanjang sejarah, Elohim menyediakan bagi kita suatu peta jalan. Dia menyatakan berbagai tanda-tanda dan syarat-syarat melalui nabi-nabi-Nya. Nabi-nabi ini berbicara tentang hal-hal yang harus diperhatikan umat manusia supaya dapat mengenali dan percaya kepada Messias. Tanda-tanda atau nubuat-nubuat ini diberikan kepada kita di dalam Perjanjian Lama. Perjanjian Lama adalah bagian dari Alkitab yang ditulis sebelum Yeshua dilahirkan. Penulisannya diselesaikan pada tahun 450 SM. Perjanjian Lama, yang ditulis ratusan tahun sebelum kelahiran Yeshua, mencatat lebih dari 300 nubuat yang digenapi oleh Yeshua sepanjang kehidupan, kematian dan kebangkitan-Nya.
Jika dihitung secara matematika, kemungkinan satu orang saja dapat memenuhi keseluruhan nubuat atau ramalan ini benar-benar hal yang luar biasa dan sangat mustahil.

Hukum Probabilitas

Dalam ilmu matematika, ada bidang studi ilmu statistik, yang mencakup teori dan Hukum-hukum Probabilitas Matematika. Ini bukanlah teori yang abstrak, tetapi amat sangat dapat diandalkan, sehingga perusahaan-perusahaan asuransi besar, berani mengambil resiko untuk menjamin pembayaran ganti kerugian atas suatu kematian seseorang, cacat fisik atau kerusakan/kehilangan suatu barang.
Di dalam Hukum Probabilitas ada yang dinamakan kesempatan gabungan atau kemungkinan gabungan, untuk suatu peristiwa terjadi secara berturut-turut.
Contoh:
Jika kita melempar dadu, kemungkinan muncul angka 6 adalah 1 kesempatan dari 6 kemungkinan (1:6).
Jika kita melempar 2 dadu, kemungkinan muncul angka 6 pada kedua dadu secara bersamaan, adalah 1:6 x 1:6 = 1 kesempatan dari 36 kemungkinan (1:36).
Jika kita melempar 3 dadu, kemungkinan muncul angka 6 pada ketiga dadu secara bersamaan, adalah 1:6 x 1:6 x 1:6 = 1 kesempatan dari 216 kemungkinan (1:216).
Jika kita melempar 4 dadu, kemungkinan muncul angka 6 pada keempat dadu secara bersamaan, adalah 1:6 x 1:6 x 1:6 x 1:6 = 1 kesempatan dari 1.296 kemungkinan (1:1.296).
Jika kita melempar 6 dadu, kemungkinan muncul angka 6 pada keenam dadu secara bersamaan, adalah 1:6 x 1:6 x 1:6 x 1:6 x 1:6 x 1:6 = 1 kesempatan dari 46.656 kemungkinan (1:46.646).
dadu
Dan demikian seterusnya…
Untuk membuktikan lebih jauh inspirasi dan otoritas Alkitab, kita akan melihat beberapa nubuat yang berhubungan dengan Yeshua. Serentetan nubuat ini ditulis oleh beberapa nabi Yahudi yang tinggal di tengah kelompok bangsa Yahudi, yang hidup terpisah jauh dalam kurun waktu masa seribu tahun. Nubuat-nubuat ini digenapi lebih dari lima ratus tahun setelah penulisannya. Setelah meninjau tanda-tanda bukti yang dikemukakan, Anda akan mengerti bahwa penggenapan secara akurat dari nubuat-nubuat yang berbeda-beda ini di dalam kehidupan satu orang manusia merupakan suatu hal yang sangat mustahil. Sehingga Anda patut menerima fakta bahwa penulisan Alkitab benar-benar diilhami Elohim dan bahwa Yeshua (Yesus) adalah Messias (Kristus) yang dijanjikan.
Detail-detail luar biasa dari nubuat-nubuat ini menunjukkan bahwa Alkitab adalah Firman Elohim yang diilhami. Hanya Elohim yang dapat mengetahui sebelumnya dan menggenapkan segala sesuatu yang ada tertulis mengenai Yeshua haMashiach. Keakuratan sejarah dan kebenarannya inilah yang memisahkan Alkitab dari buku-buku atau tulisan-tulisan lain mana pun yang pernah ada.
Perjanjian Baru ditulis sesudah kematian Yeshua. Arkeolog telah menemukan ribuan manuskrip Perjanjian Baru. Sebagian dari potongan-potongan manuskrip ini memiliki penanggalan kurang dari 100 tahun sesudah surat-surat aslinya ditulis. Dalam istilah keakuratan dan kepercayaan terhadap sejarah, Alkitab jauh melampaui tulisan-tulisan kuno lainnya.
Ini adalah keajaiban-keajaiban dan catatan-catatan yang dapat dipercayai tentang Firman Elohim. Elohim memberikan kita nubuat-nubuat ini untuk membangun iman kita dan menunjukkan jalan kepada Anak-Nya. Seperti dinyatakan:
1Yohanes 1:1-3  Apa yang selalu ada dari semula, yang telah kami dengarkan, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami perhatikan dan yang tangan kami telah menyentuhnya, berkenaan dengan Firman hidup, – dan hidup itu telah dinyatakan dan telah kami lihat dan sedang kami persaksikan, bahkan kami sedang memberitakan kepadamu hidup itu, yang kekal, yang selalu ada bersama Bapa dan telah dinyatakan kepada kami – apa yang telah kami lihat dan telah kami dengarkan, kami sedang memberitakannya kepada kamu, supaya kamu juga dapat memiliki persekutuan bersama kami, dan bahkan persekutuan kami itu dengan Bapa dan dengan Putra-Nya, Yesus Kristus. (ILT)
Dalam bagian ini, kita akan melihat hanya sebagian kecil dari nubuat-nubuat mengenai kehidupan dan penderitaan Yeshua. Semoga iman dan kesaksian Anda dikuatkan sementara memahami dan dapat mengerti lebih jelas bahwa Yeshua haMashiach adalah benar-benar Anak Domba Elohim, yang telah disembelih sebelum dasar bumi diletakkan.
Wahyu 13:8 …Anak Domba yang disembelih sejak permulaan dunia ini… (ILT)
Harapan saya adalah bahwa Anda tahu tanpa keraguan sedikit pun bahwa kematian dan kebangkitan-Nya adalah kurban bagi dosa-dosa kita:
1Yohanes 2:2  Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia. (TB)

Mengenai Nabi-nabi Elohim

Nabi-nabi Elohim seringkali diutus dalam sebuah misi yang berbahaya. Nabi-nabi itu harus memperingatkan umat mengenai penghakiman Elohim yang akan datang terhadap dosa. Mereka diutus untuk memanggil kembali umat-Nya kepada Elohim di dalam pertobatan dan untuk memastikan kepada mereka kasih Elohim yang tidak berkesudahan dan rancangan-Nya atas mereka.

Nubuat-nubuat yang digenapi Yesus Kristus

1. Messias akan dilahirkan di Bethlehem dari suku Yehuda

Mikha 5:2 “Namun engkau, hai Betlehem Efrata, yang kecil untuk berada di antara pasukan seribu dari Yehuda, dari padamu akan terbit bagi-Ku, Seorang yang akan menjadi pemerintah di Israel; dan yang tampilnya dari semula sejak zaman dahulu kala. (ILT)
Kejadian 49:10 Tongkat kekuasaan tidak akan beranjak dari Yehuda, dan yang menentukan hukum, dari antara kedua kakinya, sampai ketika Shilo datang, maka ketaatan bangsa-bangsa adalah kepadanya. (ILT)
Mengenai Nubuat Mikha dan Musa
Mikha (Ibrani: Mikhah atau Mikhayahu; artinya siapakah seperti Yahweh?) adalah nabi abad ke-8 SM. Dia tinggal di zaman yang sama dengan nabi Amos, Hosea dan Yesaya.
Kitab Mikha mengatakan bagaimana penghakiman Elohim akan turun atas Samaria dan Yerusalem karena dosa-dosa, dan sesudahnya, Elohim akan memberikan pembaharuan atau restorasi. Mikha menggambarkan masa depan yang luar biasa dimana kota Bethlehem akan melahirkan seorang penguasa yang lebih besar daripada Daud. Dia juga menubuatkan suatu masa dimana Yerusalem (Ibrani: Yerushalayim; artinya pengajaran damai sejahtera atau dasar damai sejahtera) akan menjadi pusat penyembahan dari seluruh dunia.
Musa (Ibrani: Mosheh; artinya ditarik/diambil dari [air]) adalah penulis Kitab Kejadian, kurang lebih 1500 tahun sebelum kelahiran Yeshua. Musa menubuatkan tongkat kerajaan akan berasal dari Yehuda.
Penggenapan
Matius 2:1-6 Dan, sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem, Yudea, pada masa pemerintahan Raja Herodes, lihatlah, orang-orang majus dari timur datang ke Yerusalem, seraya bertanya, “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang telah dilahirkan itu? Karena kami telah melihat bintang-Nya di timur dan kami datang untuk menyembah kepada-Nya.” Dan setelah mendengarnya, Raja Herodes dibuatnya gelisah, juga seisi Yerusalem bersamanya. Dan setelah mengumpulkan semua imam kepala dan para ahli kitab bangsa itu, ia meminta keterangan dari mereka di mana Mesias dilahirkan. Dan mereka berkata kepadanya, “Di Betlehem, Yudea,” karena demikianlah yang ditulis melalui seorang nabi, “Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara para pemimpin Yehuda, karena dari padamu akan tampil Dia untuk memimpin, Dialah yang akan menggembalakan umat-Ku, Israel.” (ILT)
Lukas 2:4,5,7,15 Dan Yusuf pun naik dari Galilea, dari kota Nazaret, ke Yudea, ke kota Daud yang disebut Betlehem, karena dia berasal dari keluarga dan garis keturunan Daud, untuk mendaftarkan diri bersama Maria, wanita yang telah dipertunangkan dengannya, yang sedang mengandung. …dan dia melahirkan anaknya laki-laki yang sulung. Dan dia membungkusnya dengan lampin, dan membaringkannya di dalam palungan, sebab tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Dan terjadilah, ketika para malaikat itu pergi dari mereka ke surga, dan orang-orang itu, yaitu para gembala, berkata seorang terhadap yang lain, “Sesungguhnya kita harus melintas sampai ke Betlehem dan melihat kejadian yang telah terjadi ini, yang telah YAHWEH beritahukan kepada kita.” (ILT)
Yohanes 7:42 Bukankah kitab suci telah berkata bahwa Mesias datang dari benih Daud dan dari Betlehem, desa tempat Daud tinggal?” (ILT)

2. Messias akan Dilahirkan dari seorang Perawan

Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendiri akan memberikan kepadamu sebuah tanda, lihatlah, perawan itu akan mengandung dan akan melahirkan seorang putra, dan dia akan memanggil namanya: Imanuel. (ILT)
Yesaya 9:6,7 Sebab, seorang Anak telah lahir bagi kita, seorang Putra telah diberikan kepada kita, dan pemerintahan ada di pundak-Nya, dan Nama-Nya disebut Ajaib, Penasihat, Elohim Yang Perkasa, Bapa Yang Kekal, Raja Damai. Dalam hal perluasan pemerintahan-Nya, dan dalam hal damai sejahtera, tidaklah berkesudahan, di atas takhta Daud, dan di atas kerajaan-Nya, untuk meneguhkan dan mendukungnya dengan keadilan dan kebenaran, dari sekarang sampai selamanya. Dengan kecemburuan, YAHWEH Tsebaot akan melakukannya. (ILT)
Mengenai Nubuat Yesaya
Nabi Yesaya (Ibrani: Yeshaya atau Yeshayahu; artinya: Yahweh telah menyelamatkan) hidup di Yerusalam pada abad ke-8 SM. Kitab Yesaya adalah satu dari empat kitab nubuat besar di dalam Perjanjian Lama, selain Yeremia, Yehezkiel dan Daniel.
Pasal ke-7 dari Kitab Yesaya ditulis kira-kira tahun 735 SM. Raja Ahaz memerintah di atas tahta dan Yesaya diutus dengan pesan bahwa Elohim sedang mengirimkan kepada kerajaan Yehuda suatu tanda – tanda ini adalah seorang anak yang akan disebut “Elohim beserta kita.”
Penggenapan
Matius 1:20-23 Dan dia, sementara mempertimbangkan hal ini, lihatlah, seorang malaikat YAHWEH tampak kepadanya dalam mimpi, seraya berkata, “Yusuf anak Daud, jangan takut untuk menerima Maria istrimu, karena yang dikandung di dalam dirinya adalah dari Roh Kudus. Dan dia akan melahirkan seorang Putra dan engkau akan menyebut Nama-Nya: Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Dan semuanya ini terjadi, supaya dapat menggenapi apa yang telah difirmankan oleh YAHWEH melalui seorang nabi, yang mengatakan, “Lihatlah, seorang perawan akan mengandung dan akan melahirkan seorang Putra, dan mereka akan menyebut Nama-Nya: Imanuel,” yang diterjemahkan artinya: Elohim beserta kita. (ILT)

3. Messias akan menjadi seorang Nabi seperti Musa

Ulangan 18:15 “YAHWEH, Elohimmu, akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antaramu, dari saudara-saudaramu, seorang yang seperti aku, kamu harus mendengarkan dia.” (ILT)
Mengenai Nubuat di dalam Kitab Ulangan
Ulangan 1:1 menyatakan: “Inilah perkataan-perkataan yang Musa ucapkan kepada seluruh orang Israel di seberang Yordan.” Kata-kata ini ditulis kira-kira tahun 1260 SM. Di seluruh Kitab Ulangan, Musa berbicara kepada bangsa Israel sementara mereka akan segera memasuki Tanah Perjanjian. Dia mengingatkan bangsa Israel akan perjanjian mereka dengan Elohim dan masa depan mereka yang gemilang, jika mereka taat kepada-Nya.
Penggenapan
Yohanes 7:40-42 Selanjutnya, setelah mendengarkan firman itu, banyak orang dari kerumunan orang itu berkata, “Dia ini adalah benar-benar seorang nabi!” Orang-orang lainnya berkata, “Dia ini adalah Mesias.” Namun yang lainnya berkata, “Bukan! Sebab, adakah Mesias datang dari Galilea? Bukankah kitab suci telah berkata bahwa Mesias datang dari benih Daud dan dari Betlehem, desa tempat Daud tinggal?” (ILT)
Kisah Rasul 3:20-23 Dan Dia akan mengutus Yesus Kristus yang telah diberitahukan sebelumnya kepadamu, yang seharusnyalah, surga sungguh menerimanya sampai waktu pemulihan segala sesuatu, yang tentang itu, Elohim telah mengatakan melalui mulut semua nabi-Nya yang kudus sejak dahulu kala. Sebab Musa memang berkata kepada para leluhur: YAHWEH, Elohimmu, akan membangkitkan bagimu seorang nabi seperti aku dari antara saudara-saudaramu; engkau harus mendengarkan Dia, dalam segala perkara apa saja yang Dia katakan kepadamu. Dan akan terjadi, setiap jiwa, siapa saja yang tidak mendengarkan nabi itu, ia akan dilenyapkan dari antara bangsa itu. (ILT)

4. Messias akan Dicobai oleh Satan

Mazmur 91:10-12 Malapetaka tidak akan menimpa engkau, dan tulah tidak akan mendekati kemahmu. Sebab Dia akan memerintahkan para malaikat-Nya kepadamu, untuk menjaga engkau di sepanjang jalanmu. Mereka akan menatang engkau di tangannya, supaya kakimu tidak terantuk batu. (ILT)
Mengenai Nubuat dari Mazmur
Mazmur adalah kumpulan hymne-hymne Israel kuno. Para sarjana Alkitab membagi Mazmur menjadi 5 bagian:
  1. Hymne-hymne pujian kepada kemuliaan Elohim
  2. Ratapan umat
  3. Hymne-hymne kerajaan untuk peristiwa-peristiwa penting
  4. Doa-doa pribadi
  5. Puji-pujian dan ucapan syukur pribadi
Sangat sulit untuk menentukan penanggalan masing-masing mazmur. Raja Daud menulis sebagian besar daripadanya, dan pengumpulan hymne-hymne ini terus dilakukan sesudah hari-hari pembuangan bangsa Israel. Dipercayai bahwa pengumpulan ini diselesaikan sebelum abad ke-2 SM.
Penggenapan
Matius 4:5-7 Kemudian si iblis membawa Dia ke kota yang suci dan menempatkan-Nya di atas puncak bait suci, dan dia berkata kepada-Nya, “Jika Engkau Putra Elohim, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, karena telah tertulis bahwa Dia akan memerintahkan kepada para malaikat-Nya berkenaan dengan Engkau, dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, agar jangan Engkau membenturkan kaki-Mu pada batu.” Yesus berkata kepada-nya, “Lagi, telah tertulis: Janganlah kamu mencobai YAHWEH, Elohimmu!” (ILT)

5. Messias akan Memasuki Yerusalem dengan Menunggang Keledai

Zakharia 9:9 Bersukarialah dengan sangat, hai putri Sion! Bersorak-sorailah, hai putri Yerusalem. Lihatlah, Rajamu datang kepadamu! Dia adil dan jaya, rendah hati dan menunggang seekor keledai, dan seekor keledai muda, anak keledai betina. (ILT)
Mengenai Nubuat Zakharia
Nabi Zakharia (Ibrani: Zekaryah atau Zekaryahu; artinya: Yahweh mengingat) berasal dari keluarga imam. Dia adalah seorang visioner, yang bersama-sama dengan nabi Hagai (Ibrani: Chaggai; artinya perayaan) mengerjakan pembangunan kembali Bait Suci. Injil Perjanjian Baru mengutip Kitab Zakharia lebih banyak dibandingkan nabi-nabi lainnya.
Bagian pertama Kitab Zakharia ditulis pada tahun 520 SM. Zakharia berbicara tentang penghakiman dan keselamatan dari Elohim dan mengenai kedatangan Messias yang akan menjadi Imam, Pemerintah, Raja yang rendah hati dan gembala yang menderita.
Penggenapan
Matius 21:8-11 Dan kerumunan orang banyak membentangkan jubah mereka sendiri di jalan, dan yang lain memotong ranting dari pohon-pohon dan menebarkannya di jalan. Dan kerumunan orang yang berjalan di depan dan yang mengikutinya berteriak-teriak, dengan mengatakan, “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam Nama YAHWEH, hosana di tempat yang tertinggi!” Dan ketika Dia tiba di Yerusalem, seluruh isi kota digemparkan, katanya, “Siapakah Dia itu?” Dan kerumunan orang itu berkata, “Dialah Yesus, nabi dari Nazaret di Galilea.” (ILT)
Lukas 19:35-37 Dan mereka membawanya kepada Yesus, dan setelah menyampirkan jubah-jubah mereka ke atas keledai muda itu, mereka menaikkan Yesus ke atasnya. Dan sementara Dia berangkat, mereka menghamparkan jubah-jubah mereka di jalan. Dan ketika Dia sudah makin dekat, di turunan bukit Zaitun, seluruh kumpulan para murid itu mulai bersukacita, memuji Elohim dengan suara nyaring berkenaan dengan segala kuasa yang telah mereka lihat, (ILT)
Yohanes 12:12-15 Pada keesokan harinya, kerumunan orang banyak yang datang ke perayaan itu, ketika mendengar bahwa Yesus datang ke Yerusalem, mereka mengambil dahan-dahan pohon palem, dan mereka keluar untuk berjumpa dengan-Nya, dan mereka berseru, “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam Nama YAHWEH, Raja Israel.” Dan ketika menemukan seekor keledai muda, Yesus duduk di atasnya, sebagaimana yang telah tertulis, “Janganlah takut, hai putri Sion. Lihatlah, rajamu datang, sambil duduk di atas seekor keledai muda.” (ILT)

6. Messias akan Ditolak oleh Umat-Nya Sendiri

Yesaya 53:1,3 Siapakah yang telah percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah lengan YAHWEH telah dinyatakan? Dia direndahkan dan ditolak oleh manusia, seorang yang penuh penderitaan dan yang dikenal berpenyakitan, dan seperti yang menyembunyikan wajahnya dari dirinya, dia direndahkan dan kita tidak mengindahkannya. (ILT)
Mengenai Nubuat Yesaya
Pasal 40-55 di dalam Kitab Yesaya ditujukan kepada bangsa Israel dalam pembuangan mereka di Babel – secara langsung sebelum waktu mereka kembali – kira-kira tahun 538 SM.
Pasal 53 dikenal sebagai Nubuat Besar mengenai “Hamba Yang Menderita.”
Penggenapan
Yohanes 1:10,11 Dia selalu ada dalam dunia, dan oleh-Nya dunia telah jadi, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Dia telah datang kepada milik-Nya, dan milik-Nya tidak menerima Dia. (ILT)
Yohanes 12:37,38 Namun, meskipun Dia telah melakukan demikian banyak tanda di hadapan mereka, mereka tetap tidak percaya kepada-Nya, sehingga perkataan Nabi Yesaya dapat digenapi, yang ia katakan: “Ya YAHWEH, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan, kepada siapakah tangan YAHWEH telah disingkapkan?” (ILT)
Matius 26:3,4 Pada waktu itu, para imam kepala dan para ahli kitab dan tua-tua bangsa dikumpulkan di aula imam besar, yang disebut Kayafas, dan mereka bersekongkol untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat, dan untuk membunuh-Nya. (ILT)

7. Messias akan Dikhianati oleh Seorang Pengikut-Nya

Mazmur 41:10 Bahkan orang kepercayaanku yang aku percaya kepadanya, yang makan rotiku, telah mengangkat tumit melawan aku. (ILT)
Mazmur 55:13,14 Sebab jika bukan musuh yang mencela aku, aku akan menanggungnya; jika seorang yang membenciku menyombongkan diri atasku, aku akan menyembunyikan diri darinya. Namun engkau, seorang dari golonganku, sahabatku, dan yang mengenalku; (ILT)
Mengenai Nubuat Mazmur
Mazmur 41 adalah mazmur Daud (Ibrani: David; artinya kekasih). Dia berbicara mengenai keterasingannya dan kepercayaannya di dalam Elohim. Dia menggambarkan bagaimana berbagi makanan menyatukan orang-orang di dalam kesetiaan dan persahabatan.
Mazmur 55 juga mazmur dari Daud. Dalam mazmur ini, dia menggambarkan pengkhianatan dari seorang sahabatnya, yang nampaknya juga adalah seorang pengikut Elohim. Kedua mazmur ini menubuatkan pengkhianatan terhadap Yesus oleh sahabat dekat yang dipercayai-Nya.
Penggenapan
Matius 26:47,49,50 Dan sementara Dia masih berbicara, tampaklah Yudas, seorang dari kedua belas murid itu datang, dan bersamanya kerumunan orang banyak dari imam-imam kepala dan tua-tua bangsa, dengan pedang dan kayu. Dan segera, setelah mendekat kepada Yesus, ia berkata, “Salam, ya Rabi!” Dan dia mencium-Nya. Namun Yesus berkata kepadanya, “Teman, untuk apa kamu di sini?” Kemudian, seraya menghampiri, mereka menjatuhkan tangan kepada Yesus dan menangkap Dia. (ILT)
Lukas 22:21,22,47 Namun, lihatlah, tangan orang yang mengkhianati Aku ada di atas meja bersama-Ku! Dan sesungguhnyalah Anak Manusia sedang pergi sesuai dengan apa yang telah ditentukan, akan tetapi celaka bagi manusia itu, yang olehnya Dia dikhianati!” Dan ketika Dia masih berbicara, lihatlah kerumunan orang, dan dia yang disebut Yudas, seorang dari kedua belas murid, berjalan mendahului mereka, dan mendekati Yesus untuk mencium Dia. (ILT)
Yohanes 13:18,21,26 Aku berbicara bukan mengenai kamu semuanya. Aku mengetahui siapa yang telah Kupilih, tetapi supaya kitab suci dapat digenapi: Orang yang makan roti bersama Aku, ia telah mengangkat tumitnya melawan Aku. Setelah mengatakan hal-hal itu, Yesus digelisahkan dalam Roh, dan Dia bersaksi serta berkata, “Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu bahwa seorang dari antara kamu akan mengkhianati Aku.” Yesus menjawab, “Ia adalah orang yang kepadanya Aku akan memberikan pecahan roti setelah mencelupkannya.” Dan setelah mencelupkannya, Dia memberikan pecahan roti itu kepada Yudas Iskariot, anak Simon. (ILT)

8. Messias akan Dijual dengan 30 keping Perak

Zakharia 11:12,13 Dan aku berkata kepada mereka, “Sekiranya baik menurut pandanganmu, berikanlah upahku, tetapi jika tidak, tahanlah!” Maka mereka membayar upahku, tiga puluh keping perak. Namun, YAHWEH berfirman kepadaku, “Serahkanlah itu kepada tukang periuk!” Oleh karena aku telah dihargai oleh mereka dengan harga tinggi, maka aku mengambil ketiga puluh keping perak itu dan menyerahkannya kepada tukang periuk di bait YAHWEH. (ILT)
Mengenai Nubuat Zakharia
Dalam pasal 11 Kitab Zakharia, sang nabi menyebutkan 30 shikal perak sebagai “harga yang bagus.” Jumlah ini juga merupakan jumlah pembayaran bagi nyawa seorang budak. Nubuat Zakharia berbicara mengenai jumlah yang dibayarkan untuk Tuhan Yesus dan nyawa-Nya.
Penggenapan
Matius 26:14-16 Kemudian, setelah pergi kepada imam-imam kepala, seorang dari kedua belas murid, yang disebut Yudas Iskariot, berkata, “Kamu mau memberikan apa kepadaku, dan aku akan menyerahkan Dia kepadamu?” Dan mereka menetapkan tiga puluh keping perak baginya. Dan sejak saat itu ia selalu mencari kesempatan supaya dapat menyerahkan Dia. (ILT)
Matius 27:3,4 Kemudian Yudas, yang mengkhianati Dia, setelah melihat bahwa Dia dijatuhi hukuman, dengan menyesal ia mengembalikan tiga puluh keping perak itu kepada para imam kepala dan para tua-tua, seraya berkata, “Aku telah berdosa dengan menyerahkan darah yang tidak bersalah.” (ILT)

9. Messias akan Diadili dan Dijatuhi Hukuman Mati

Yesaya 53:8 Dia telah direnggut dari penahanan dan dari penghakiman, dan tentang generasinya, siapakah yang akan memikirkannya? Sebab ia telah dilenyapkan dari negeri orang yang hidup. Oleh karena pemberontakan bangsa-Ku, tulah itu menimpa atasnya. (ILT)
Mengenai Nubuat Yesaya
Ditulis pada tahun 538 SM, pasal 53 dari Kitab Yesaya dikenal sebagai Nubuat Besar mengenai Hamba yang Menderita.
Penggenapan
Matius 27:1,2 Dan ketika menjelang pagi, semua imam kepala dan tua-tua bangsa itu mengambil kesepakatan bersama melawan Yesus agar dapat menghukum mati Dia. Dan setelah mengikat Dia, mereka menggiring dan menyerahkan-Nya kepada Gubernur Pontius Pilatus. (ILT)
Lukas 23:1,23 Dan sambil bangkit, seluruh kumpulan mereka membawa Dia ke hadapan Pilatus. Namun dengan suara keras, mereka terus mendesak untuk meminta agar Dia disalibkan. Dan suara mereka dan para imam kepala itu menang. (ILT)
Kisah 4:26-28 Raja-raja di bumi mempersiapkan diri, dan para penguasa telah dihimpunkan bersama untuk menentang YAHWEH dan menentang Mesias-Nya. Sebab pada kenyataannya, Herodes maupun Pontius Pilatus bersama bangsa-bangsa lain dan bangsa Israel, sudah berkumpul bersama menentang Putra-Mu yang kudus, Yesus, yang telah Engkau urapi, untuk mengerjakan apa saja yang tangan-Mu dan rancangan-Mu telah menetapkan sebelumnya untuk melaksanakannya. (ILT)

10. Messias akan Berdiam Diri di Hadapan para Pendakwa-Nya

Mazmur 35:11 Saksi-saksi yang sangat jahat bangkit, mereka menanyai aku apa yang tidak aku ketahui. (ILT)
Yesaya 53:7,8 Dia ditindas dan dia disengsarakan, tetapi dia tidak membuka mulutnya. Seperti seekor domba dia digiring ke pembantaian, dan seperti induk domba, dia menjadi kelu di hadapan yang mengguntingi bulunya, demikianlah dia tidak membuka mulutnya. Dia telah direnggut dari penahanan dan dari penghakiman, dan tentang generasinya, siapakah yang akan memikirkannya? Sebab ia telah dilenyapkan dari negeri orang yang hidup. Oleh karena pemberontakan bangsa-Ku, tulah itu menimpa atasnya. (ILT)
Mengenai nubuat Mazmur dan Yesaya
Mazmur 27 adalah mazmur dari Daud. Dalam hymne ini, dia meyakinkan mereka yang hidup benar di hadapan Elohim bahwa tidak ada sesuatu yang perlu ditakuti. Dia memanggil Elohim untuk membalaskan musuh-musuhnya yang dengan tidak adil telah melawannya. Nubuat di dalam mazmur ini menunjukkan keyakinan Messias untuk mempercayakan nyawanya kepada Elohim, yang akan bertindak dan menghakimi para pendakwa-Nya.
Lagi, pasal 53 Yesaya ditulis dalam tahun 538 SM. Itu dikenal sebagai Nubuat Besar mengenai Hamba yang Menderita.
Penggenapan
Matius 27:12-14 Dan pada waktu Dia dituduh oleh para imam kepala dan para tua-tua, Dia tidak menjawab apa pun. Kemudian berkatalah Pilatus kepada-Nya, “Tidakkah Engkau mendengar betapa banyak hal yang mereka persaksikan menentang-Mu?” Dan Dia tidak menjawab kepadanya, bahkan sepatah kata pun tidak, sehingga gubernur itu sangat heran. (ILT)
Markus 15:3-5 Dan para imam kepala terus menuduhkan banyak hal atas-Nya, tetapi Dia tidak menjawab apa pun. Dan Pilatus menanyai Dia lagi, sambil berkata, “Engkau tidak menjawab apa pun? Lihatlah, betapa gencarnya mereka bersaksi melawan-Mu!” Namun Yesus tidak lagi menjawab apa pun, sehingga heranlah Pilatus. (ILT)
1Petrus 2:22,23 Dia yang tidak melakukan dosa, tidak pula ditemui tipu muslihat pada mulut-Nya, Dia yang dicaci maki, Dia tidak mencaci maki kembali; meskipun menderita, Dia tidak mengancam, melainkan Dia menyerahkan kepada Dia yang menghakimi dengan adil. (ILT)

11. Messias akan Dipukul dan Diludahi

Mikha 5:1 Sekarang, bergabunglah serentak, hai anggota-anggota pasukan; orang telah mendirikan pengepungan terhadap kita. Mereka akan menghantam pipi yang menghakimi Israel dengan tongkat.” (ILT)
Yesaya 50:6 Aku telah memberikan punggungku kepada mereka yang memukul, dan pipiku untuk mereka yang menarik wajahku, aku tidak menyembunyikan wajahku dari aib dan ludah. (ILT)
Mengenai Nubuat Mikha dan Yesaya
Kitab Mikha, oleh nabi Mikha, ditulis dalam abad ke-8 SM. Dia menggambarkan bagaimana restorasi dari Elohim terjadi sesudah penghakiman-Nya atas dosa-dosa. Mikha menggambarkan masa depan Yerusalem sebagai pusat aktivitas penyembahan dari seluruh dunia.
Pasal 50 di dalam Kitab Yesaya ditulis pada tahun 538 SM. Dalam Nyanyian Hamba Yesaya, pasal 50, kita melihat kilasan pertama mengenai penderitaan dan penolakan terhadap Messias.
Penggenapan
Matius 26:67,68 Lalu, mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; dan mereka menampar-Nya seraya berkata, “Bernubuatlah terhadap kami, hai Mesias, siapakah orang yang memukul-Mu?” (ILT)
Matius 27:30 Dan seraya meludah kepada-Nya, mereka mengambil buluh itu dan memukuli pada kepala-Nya. (ILT)
Markus 14:65 Dan beberapa orang mulai meludah kepada-Nya, dan menutup wajah-Nya, dan meninju-Nya, dan berkata kepada-Nya, “Bernubuatlah!” Dan para pengawal melontari Dia dengan pukulan-pukulan. (ILT)
Markus 15:19 Dan mereka terus memukuli kepala-Nya dengan tongkat dan meludah kepada-Nya; dan seraya bertekuk lutut mereka menyembah kepada-Nya. (ILT)
Yohanes 19:1-3 Oleh karena itu kemudian, Pilatus membawa Yesus dan mencambuk-Nya. Dan setelah menganyam sebuah mahkota dari duri, prajurit-prajurit itu meletakkannya di atas kepala-Nya, dan memakaikan jubah ungu kepada-Nya, dan berkata, “Salam, hai Raja orang-orang Yahudi!” Dan mereka melayangkan tamparan-tamparan kepada-Nya. (ILT)

12. Messias akan Diejek dan Dicemooh

Mazmur 22:8,9 Semua orang yang melihatku menertawakan aku dengan ejekan; mereka membuka bibir; mereka menggeleng-gelengkan kepalanya, sambil berkata: Berserahlah kepada YAHWEH, biarlah Dia menyelamatkannya, karena Dia berkenan kepadanya. (ILT)
Mengenai Nubuat Mazmur
Pasal 22 ini merupakan mazmur dari Daud, dan di dalamnya, Daud menggambarkan sebuah eksekusi. Bagian awal dari mazmur itu berbicara mengenai penderitaan Messias; bagian terakhir menggambarkan pembebasan menyeluruh yang dimungkinkan oleh karena Messias.
Penggenapan
Matius 27:39,40 Dan, orang-orang yang sedang lewat menghujat Dia sambil menggeleng-gelengkan kepalanya berkata, “Engkau yang merobohkan tempat suci dan membangunnya dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu sendiri! Jika Engkau Putra Elohim, turunlah dari salib itu!” (ILT)
Lukas 23:11,35 Dan Herodes bersama pengawal-pengawalnya, setelah menghina dan mencemooh Dia sambil memakaikan jubah kebesaran kepada-Nya, dia mengirimkan-Nya kembali kepada Pilatus. Dan orang-orang itu berdiri sambil menyaksikannya. Dan juga para pemimpin bersama mereka mengejek sambil berkata, “Dia menyelamatkan orang lain, biarlah Dia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Dia adalah Mesias yang dipilih Elohim.” (ILT)

13. Messias akan Mati karena Disalibkan, dengan Tangan dan Kaki-Nya Ditusuk

Mazmur 22:15-16 Bagaikan air aku tercurah, dan seluruh tulangku berserakan; hatiku menjadi seperti lilin, dia meleleh di dalam dadaku. Kekuatanku mengering bagaikan tembikar, dan lidahku melekat pada langit-langit mulutku; dan Engkau meletakkan aku dalam debu kematian; karena anjing-anjing telah mengerumuni aku; segerombolan orang jahat telah mengepung aku; menusuk kedua tangan dan kakiku. (ILT)
Zakharia 12:10 Lalu, ke atas keluarga Daud dan ke atas penduduk Yerusalem, Aku akan mencurahkan roh anugerah dan permohonan. Dan mereka akan memandang kepada-Ku yang telah mereka tikam; mereka akan meratap atasnya, seperti ratapan atas anak tunggal; dan akan merasa pahit karenanya, seperti merasa pahit karena anak sulung. (ILT)
Mengenai Nubuat dari Mazmur dan Zakharia
Lagi, Mazmur 22 adalah mazmur dari Daud. Dalam mazmur ini dia menggambarkan suatu penghukuman mati. Bagian awal mazmur ini menggambarkan penderitaan Messias; bagian terakhir menggambarkan penyelamatan universal yang dimungkinkan oleh karena Messias.
Dalam pasal 12 Kitab Zakharia, nabi yang berbicara sebagai seorang perwakilan Elohim sendiri yang akan dibunuh oleh tangan-tangan umat-Nya. Pada suatu saat di masa depan, bangsa Israel akan menyadari Siapa yang telah mereka tikam dan akan meratap untuk “Sang Putera” yang telah mati.
Penggenapan
Matius 27:31 Dan mereka sambil berolok-olok kepada-Nya, mereka menanggalkan jubah kebesaran-Nya itu dan mengenakan kembali jubah-Nya dan mereka menggiring-Nya untuk menyalibkan-Nya. (ILT)
Markus 15:20 Dan sementara mereka mencemooh kepada-Nya, mereka menanggalkan jubah ungu kebesaran-Nya, dan memakaikan jubah-Nya sendiri, dan menggiring-Nya ke luar, agar mereka dapat menyalibkan Dia. (ILT)
Yohanes 19:15,16 Namun mereka berteriak, “Enyahkan! Enyahkan! Salibkan Dia!” Pilatus berkata kepada mereka, “Haruskah aku menyalibkan Rajamu?” Imam-imam kepala itu menjawab, “Kami tidak mempunyai raja selain kaisar!” Maka kemudian, Pilatus menyerahkan Dia kepada mereka supaya Dia disalibkan. Dan mereka menerima Yesus serta menggiring-Nya. (ILT)

14. Messias akan Menderita di Salib bersama para Pemberontak

Yesaya 53:12 Dengan demikian Aku akan membagi kepadanya dari antara banyak orang, dan bersama para pahlawan dia akan membagi jarahan, sebagai ganti bahwa dia telah menyerahkan nyawanya kepada kematian, dan dia telah terhitung bersama para pemberontak, dan dia telah menanggung dosa orang banyak, dan dia bersyafaat bagi para pemberontak.” (ILT)
Mengenai Nubuat Yesaya
Nabi Yesaya hidup di Yerusalem pada abad ke-8 SM. Kitab Yesaya adalah salah satu dari empat Kitab Nabi Besar di dalam Alkitab, termasuk juga Yeremiah, Yehezkiel dan Daniel. Pasal 53 dikenal sebagai Nubuat Besar mengenai Hamba yang Menderita.
Penggenapan
Matius 27:38 Pada waktu itu, dua orang penyamun disalibkan bersama Dia, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri. (ILT)
Markus 15:27 Dan bersama Dia mereka menyalibkan dua orang penyamun, satu di sebelah kanan dan satu di sebelah kiri-Nya. (ILT)
Lukas 23:32,33 Dan ada juga dua orang penjahat yang lain, digiring bersama Dia untuk dihukum mati. Dan ketika mereka sampai di tempat yang disebut Tengkorak, di sana mereka menyalibkan Dia dan para penjahat itu, seorang di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri. (ILT)

15. Pakaian Messias akan Dibagi-bagi dengan Membuang Undi

Mazmur 22:19 mereka membagi-bagi jubahku di antara mereka, dan membuang undi untuk pakaianku. (ILT)
Mengenai Nubuat Mazmur
Mazmur 22 adalah mazmur Raja Daud, yang menggambarkan suatu peristiwa eksekusi. Bagian awal dari mazmur ini berbicara tentang penderitaan Messias dan bagian akhirnya menggambarkan pembebasan menyeluruh yang Dia perbuat.
Penggenapan
Matius 27:35 Dan sesudah menyalibkan Dia, mereka membagi-bagi jubah-Nya dengan membuang undi, supaya dapat digenapi apa yang difirmankan oleh seorang nabi, “Mereka membagi-bagi jubah-Ku di antara mereka sendiri, dan atas pakaian-Ku, mereka membuang undi.”
Markus 15:24 Dan setelah menyalibkan Dia, mereka membagi-bagi jubah-Nya dengan membuang undi atas mereka, apa yang dapat masing-masing peroleh. (ILT)
Yohanes 19:23,24 Kemudian, ketika para prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil jubah-Nya, dan menjadikannya empat potong, satu potong untuk setiap prajurit. Juga pakaian-Nya, tetapi pakaian itu tanpa jahitan, dari atas seluruhnya tenunan. Lalu mereka berkata seorang terhadap yang lain, “Janganlah kita merobeknya, tetapi kita akan membuang undi atasnya, itu akan menjadi milik siapa.” Dengan demikian kitab suci dapat digenapi, yang mengatakan: “Mereka membagi-bagikan jubah-Ku di antara mereka, dan mereka melempar undi atas pakaian-Ku.” Memang kemudian, para prajurit itu telah melakukan hal-hal itu. (ILT)

16. Tulang-tulang Messias Tidak Akan Dipatahkan

Bilangan 9:12 Janganlah mereka meninggalkan apa pun dari padanya sampai pagi, dan janganlah mematahkan sepotong tulang pun, menurut segala ketetapan Paskah, haruslah mereka merayakannya. (ILT)
Mengenai Nubuat Bilangan
Bilangan adalah kitab keempat dari lima kitab yang ditulis oleh Musa. Itu adalah sejarah perjalanan bangsa Israel di padang belantara.
Itu dimulai dua tahun sesudah meninggalkan Mesir dan berakhir saat akan memasuki Tanah Kanaan. Itu berisi catatan persungutan bangsa Israel selama 38 tahun dan penyertaan tetap dari Elohim. Itu berisi catatan karya Elohim yang terus berlangsung untuk menghasilkan pertobatan atas umat-Nya.
Pasal 9 berisi pelaksanaan yang benar dan persiapan Paskah dan secara profetik menggambarkan Yeshua haMashiach, Anak Domba Paskah.
Penggenapan
Yohanes 19:31-37 Kemudian, agar mayat-mayat itu tidak tetap di atas salib pada hari Sabat karena itu adalah hari persiapan, sebab hari itu adalah hari Sabat yang agung, maka mereka meminta kepada Pilatus agar kaki-kaki mereka dipatahkan, dan mereka harus dibawa pergi. Lalu datanglah para prajurit dan benar-benar mematahkan kaki orang yang pertama dan orang yang lainnya yang disalibkan bersama Dia. Namun ketika tiba pada Yesus, saat mereka melihat Dia sudah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya. Akan tetapi seorang dari para prajurit itu menikam lambung-Nya dengan sebuah tombak, dan seketika itu juga keluarlah darah dan air. Dan orang yang melihatnya telah bersaksi, dan kesaksiannya itu benar; dan dia sudah mengetahui bahwa dia mengatakan yang benar, supaya kamu dapat percaya. Sebab hal-hal itu telah terjadi supaya kitab suci dapat digenapi, “Tidak satu pun tulang-Nya akan dipatahkan.” Dan lagi, bagian lain kitab suci berkata: “Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam.” (ILT)
1Korintus 5:7 Sebab Kristus, Paskah kita pun, sudah dikurbankan ganti kita. (ILT)

17. Messias akan Mati sebagai Kurban Penebus Dosa

Yesaya 53:5,6,8,12 Namun, dia ditikam karena pemberontakan kita, diremukkan karena kejahatan kita. Ganjaran demi keselamatan kita menimpa atasnya, dan melalui bilurnya dia telah menjadi kesembuhan bagi kita. Seperti domba, kita semua telah tersesat, kita masing-masing telah berbalik menurut jalannya sendiri, tetapi YAHWEH telah menimpakan kepadanya kejahatan kita semua. Dia telah direnggut dari penahanan dan dari penghakiman, dan tentang generasinya, siapakah yang akan memikirkannya? Sebab ia telah dilenyapkan dari negeri orang yang hidup. Oleh karena pemberontakan bangsa-Ku, tulah itu menimpa atasnya. Dengan demikian Aku akan membagi kepadanya dari antara banyak orang, dan bersama para pahlawan dia akan membagi jarahan, sebagai ganti bahwa dia telah menyerahkan nyawanya kepada kematian, dan dia telah terhitung bersama para pemberontak, dan dia telah menanggung dosa orang banyak, dan dia bersyafaat bagi para pemberontak.” (ILT)
Mengenai Nubuat Yesaya
Nabi Yesaya hidup di Yerusalem pada abad ke-8 SM. Pasal 53 Kitab Yesaya berbicara mengenai Hamba yang Menderita.
Penggenapan
Yohanes 1:29 Pada keesokan harinya, Yohanes melihat Yesus yang datang kepadanya, dan dia berkata, “Lihatlah, Anak Domba Elohim yang menghapus dosa dunia! (ILT)
Kisah 10:43 Bagi Dialah semua nabi bersaksi, bahwa melalui Nama-Nya setiap orang yang percaya kepada-Nya telah menerima penghapusan dosa.” (ILT)
Kisah 13:38,39 Oleh karena itu, biarlah menjadi maklum bagimu, hai para pria, saudara-saudara, bahwa melalui Dia inilah penghapusan dosa diberitakan kepadamu, dari segala sesuatu yang kamu tidak dapat dibenarkan oleh torat Musa, di dalam Dia inilah setiap orang yang percaya dibenarkan. (ILT)
1Korintus 15:3,4 Sebab dari pertama, aku telah menyerahkan kepada kamu apa yang telah aku terima juga, bahwa Kristus telah mati ganti dosa-dosa kita sesuai dengan kitab suci, dan bahwa Dia telah dikuburkan, juga bahwa Dia telah dibangkitkan pada hari yang ketiga sesuai dengan kitab suci, (ILT)
Efesus 1:7 yang oleh-Nya kita memperoleh penebusan melalui darah-Nya sebagai penghapus kesalahan-kesalahan sesuai dengan kekayaan anugerah-Nya (ILT)
1Petrus 2:24 Dia sendiri yang sudah menanggung dosa-dosa kita di dalam tubuh-Nya di atas kayu salib; supaya dengan mati terhadap dosa, kita dapat hidup di dalam kebenaran. Tentang Dia, oleh bilur-bilur-Nya kamu sudah disembuhkan. (ILT)
Wahyu 1:5 dan dari Yesus Kristus, saksi yang setia, yang sulung dari antara yang mati dan pemimpin raja-raja di bumi. Bagi Dia yang telah mengasihi kita dan telah membasuh kita dari dosa-dosa kita dengan darah-Nya (ILT)

18. Messias akan Melihat Keturunan-Nya

Yesaya 53:10,11 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul. (TB)
Mengenai Nubuat Yesaya
Nubuat Besar tentang Hamba yang Menderita mengungkapkan tujuan agung dari Elohim dalam mengutus Messias untuk menderita demi dosa-dosa kita. Yesaya menuliskan pasal ini pada abad ke-8 SM. Dia menubuatkan bahwa Messias akan melihat keturunan-Nya, mereka yang akan mendapatkan keselamatan melalui pengorbanan-Nya.
Penggenapan
Efesus 1:4,5,21-23 sebagaimana Dia telah memilih kita di dalam diri-Nya sebelum permulaan dunia, untuk menjadikan kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya di dalam kasih; menetapkan kita sebelumnya, sebagai anak adopsi bagi diri-Nya melalui Yesus Kristus, sesuai dengan perkenan kehendak-Nya, jauh melebihi setiap penguasa dan otoritas dan kuasa dan pemegang kekuasaan dan setiap nama yang disebut, bukan saja pada masa kini tetapi juga pada masa yang akan datang. Dan Dia sudah menundukkan segala sesuatu di bawah kaki-Nya dan Dia sudah memberikan diri-Nya sebagai kepala atas segala sesuatu, kepada gereja yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan yang memenuhi seluruhnya dalam semuanya. (ILT)
Ibrani 12:2 sambil memandang kepada Yesus, Penguasa dan penyempurna iman, yang dengan mengabaikan aib ganti sukacita yang disediakan bagi-Nya, Dia tabah memikul salib; maka Dia telah duduk di sebelah kanan takhta Elohim. (ILT)

19. Messias akan Dikuburkan di dalam Makam Orang Kaya

Yesaya 53:9 Dan dia menetapkan kematiannya bersama orang-orang fasik, dan kuburnya bersama orang kaya, karena dia tidak melakukan kekerasan, dan tipu daya tidak ada di dalam mulutnya. (ILT)
Mengenai Nubuat Yesaya
Sekali lagi, Nubuat Besar tentang Hamba yang Menderita mengungkapkan tujuan agung Elohim mengutus Messias untuk menderita karena dosa-dosa kita. Yesaya menulis pasal ini pada abad ke-8 SM. Dia menubuatkan Messias akan mati dan dikuburkan di dalam sebuah kuburan orang kaya.
Penggenapan
Matius 27:57-60 Dan ketika menjelang malam, datanglah seorang kaya dari Arimatea, bernama Yusuf, yang ia sendiri juga telah menjadi murid Yesus. Setelah menghadap kepada Pilatus, ia meminta jenazah Yesus. Kemudian, Pilatus memerintahkan agar jenazah itu diberikan. Dan setelah mengambil jenazah itu, Yusuf membungkus-Nya dengan kain linen yang bersih, dan dia membaringkan-Nya di dalam kuburnya yang baru, yang telah dia gali pada bukit batu. Dan setelah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah dia. (ILT)

20. Messias akan Dibangkitkan dari Kematian

Mazmur 16:10 sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. (TB)
Mazmur 30:4 Ya YAHWEH, Engkau telah mengangkat jiwaku dari alam maut, Engkau telah melindungi hidupku dari terjerumus ke dalam lubang. (ILT)
Mengenai Nubuat Mazmur
Mazmur 16 adalah mazmur yang ditulis oleh Daud. Dalam hymne ini dia mengingatkan kita bahwa ketika kita mengarahkan hati kita kepada Elohim dan mempercayakan hidup kita ke dalam penjagaan-Nya, kita akan mendapatkan sukacita dan keamanan. Daud menubuatkan bahwa Messias tidak akan dibiarkan di dalam kubur, dan tubuh-Nya tidak akan membusuk.
Mazmur 30 ditulis oleh Daud, untuk pentahbisan Bait Suci. Di dalamnya dia menubuatkan bahwa Messias akan dibangkitkan dari kubur.
Penggenapan
Matius 28:5-7 Dan sambil menanggapi, malaikat itu berkata kepada wanita-wanita itu, “Janganlah kamu takut, karena aku mengetahui bahwa kamu mencari Yesus yang sudah disalibkan. Dia tidak ada di sini, karena Dia sudah dibangkitkan sebagaimana yang sudah Dia katakan. Mari, lihatlah tempat itu, tempat di mana Tuhan dibaringkan. Dan dengan pergi secepatnya, katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Dia sudah dibangkitkan dari antara yang mati. Dan lihatlah, Dia mendahului kamu ke Galilea, di sana kamu akan melihat Dia. Perhatikanlah, aku sudah mengatakannya kepadamu!” (ILT)
Markus 16:6,7 Namun, dia berkata kepada mereka, “Jangan keheranan! Kamu mencari Yesus, orang Nazaret, yang disalibkan itu. Dia telah dibangkitkan; Dia tidak ada di sini. Lihatlah tempat itu, tempat di mana mereka membaringkan Dia! Namun, pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus, bahwa Dia sedang mendahului kamu ke Galilea! Di sanalah kamu akan melihat Dia, sebagaimana Dia telah mengatakan kepadamu.” (ILT)
Kisah 2:27-31 karena Engkau tidak akan meninggalkan jiwa-Ku di dalam alam maut, ataupun mengizinkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau telah memberitahukan kepada-Ku jalan-jalan kehidupan. Engkau akan membuat Aku penuh sukacita dengan wajah-Mu. Hai para pria, saudara-saudara, sungguh berkenan untuk mengatakan dengan terus terang kepada kamu mengenai leluhur kita, Daud, bahwa dia pun telah mati dan dikuburkan, bahkan kuburannya ada di antara kita sampai hari ini. Oleh sebab itu, karena keberadaannya sebagai nabi dan karena mengetahui bahwa Elohim telah berikrar dengan sumpah kepadanya untuk membangkitkan Mesias dari benih pinggangnya secara daging agar duduk di atas takhtanya, maka sambil melihat sebelumnya, dia berbicara mengenai kebangkitan Mesias, bahwa jiwa-Nya tidak akan diserahkan ke dalam alam maut, demikian pula daging-Nya tidak akan melihat kebinasaan. (ILT)
1Korintus 15:17,20 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, sia-sialah imanmu, kamu masih berada di dalam dosa-dosamu. Namun sekarang, Kristus telah dibangkitkan dari antara yang mati, Dia telah menjadi buah sulung dari mereka yang telah meninggal. (ILT)

21. Messias akan Duduk di Sebelah Kanan Elohim

Mazmur 110:1 Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.” (TB)
Mengenai Nubuat Mazmur
Mazmur 110 adalah mazmur Daud. Itu adalah mazmur nubuat yang berbicara tentang penobatan Raja yang akan datang. Mazmur kerajaan ini dengan jelas berbicara tentang Messias yang akan datang kembali.
Penggenapan
Markus 16:19 Kemudian sesungguhnya, setelah berbicara dengan mereka Tuhan terangkat ke surga dan Dia duduk di sebelah kanan Elohim. (ILT)
Kisah 2:32-36 Inilah Yesus yang telah Elohim bangkitkan; mengenai Dia, kami semua adalah saksi-saksi. Oleh karena itu, setelah ditinggikan di sebelah kanan Elohim, dan karena menerima janji Roh Kudus dari Bapa, Dia mencurahkan hal ini, yaitu apa yang sedang kamu lihat dan dengar sekarang. Sebab Daud tidaklah naik ke surga, melainkan dia sendiri berkata: YAHWEH telah berfirman kepada Tuanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Aku membuat musuh-musuh-Mu tumpuan kaki-Mu. Oleh sebab itu, biarlah seluruh keluarga Israel mengetahui dengan pasti, bahwa Elohim telah menjadikan Dia, baik selaku Tuhan maupun Mesias; inilah Yesus yang telah kamu salibkan.” (ILT)
Ibrani 10:12,13 Namun Dia, sesudah mempersembahkan satu kurban karena dosa-dosa, Dia duduk di sebelah kanan Elohim untuk selamanya. Selebihnya, sambil menanti sampai para musuh-Nya telah diletakkan sebagai tumpuan kaki-Nya. (ILT)

Perhitungan Probabilitas Penggenapan Nubuat Yesus Kristus

Dari nubuat-nubuat di atas, kita akan akan menghitung probabilitas atau kemungkinan terjadinya peristiwa-peristiwa tersebut secara acak atau kebetulan:

1. Messias akan dilahirkan di Bethlehem dari suku Yehuda

Ada 12 suku Israel purba darimana Messias dapat dilahirkan. Namun Ia dilahirkan dari suku Yehuda sebagaimana yang telah dinubatkan Musa 1500 tahun sebelumnya. Jadi kemungkinannya 1 kesempatan dari 12 kemungkinan (1:12). Kemudian ada lebih dari 2000 desa dan kota yang ada di Yehuda pada abad pertama era ini. Jadi kemungkinan gabungannya adalah = 1:12 x 1:2000 = 1:24.000.
Namun untuk berhati-hati, kita gunakan angka 1 kesempatan dari 2.400 kemungkinan.

2. Messias akan Memasuki Yerusalem dengan Menunggang Keledai

Dari semua raja di dalam sejarah, tidak ada yang memasuki ibu kotanya dengan mengendarai seekor keledai muda, seperti yang telah dilakukan oleh Yesus pada hari Minggu Palem, tahun 32 M untuk menggenapi nubuat ini. Kita ambil angka 1 kesempatan dari 50 kemungkinan (1:50).
Kombinasi kemungkinan gabungan kedua nubuat di atas adalah 1:2.400 x 1:50 = 1 kesempatan dari 120.000 kemungkinan (1:120.000).

3. Messias akan Dikhianati oleh Seorang Pengikut-Nya

Dari semua pemimpin agama, kemungkinan untuk dikhianati oleh sahabatnya sendiri jarang terjadi. Kita ambil angka 1 kesempatan dari 10 orang pemimpin (1:10).
Kombinasi kemungkinan gabungan ketiga nubuat di atas adalah 1:120.000 x 1:10 = 1 kesempatan dari 1.200.000 kemungkinan (1:1.200.000).

4. Messias akan Dijual dengan 30 keping Perak

Berapa banyak raja atau pemimpin agama yang pernah dijual seharga 30 keping perak? Bayangkan bagaimana mustahilnya meramalkan harga pas untuk suatu pengkhianatan yang terjadi terhadap kematian seorang raja, lima ratus tahun sebelum peristiwa itu benar-benar terjadi. Kita ambil saja angka 1 kesempatan dari 50 orang raja dijual seharga 30 keping perak (1:50).
Kombinasi kemungkinan gabungan keempat nubuat di atas adalah 1:1.200.000 x 1:50 = 1:60.000.000.

5. Messias akan Berdiam Diri di Hadapan para Pendakwa-Nya

Pertimbangkan kemustahilan isi nubuat yang menyatakan bahwa seorang manusia yang sama sekali tidak bersalah akan berdiri di hadapan para pendakwa-Nya tanpa mengucapkan sepatah kata pun untuk membela diri-Nya. Meskipun realitasnya sangat kecil, kita ambil saja angka 1 kesempatan dari 100 peristiwa (1:100).
Kombinasi kemungkinan gabungan kelima nubuat di atas adalah 1:60.000.000 x 1:100 = 1:6.000.000.000.

6. Messias akan Dipukuli, Diejek dan Diludahi

Meskipun banyak raja yang dibunuh di dalam sejarah, tetapi hanya sedikit yang dianiaya, dipukuli, diludahi dan dicemooh. Kita ambil angka kemungkinan 1 peristiwa dari 10 kejadian.
Kombinasi kemungkinan gabungan keenam nubuat di atas adalah 1:6.000.000.000 x 1:10 = 1:60.000.000.000.

7. Messias akan Mati karena Disalibkan, dengan Tangan dan Kaki-Nya Ditusuk

Berapa banyak raja yang matinya disalib; tangan dan kakinya ditusuk? Kita ambil saja angka 1 peristiwa dari 100 kejadian kematian raja.
Kombinasi kemungkinan gabungan ketujuh nubuat di atas adalah 1:60.000.000.000 x 1:100 = 1:6.000.000.000.000.

8. Messias akan Menderita di Salib bersama para Pemberontak

Seorang raja, mati disalib bersama-sama dengan para pemberontak. Berapa kemungkinannya peristiwa seperti ini terjadi? Kita ambil angka 1 peristiwa dari 100 kejadian penyaliban seorang raja.
Kombinasi kemungkinan gabungan kedelapan nubuat di atas adalah 1:6.000.000.000.000 x 1:100 = 1:600.000.000.000.000.

9. Pakaian Messias akan Dibagi-bagi dengan Membuang Undi

Berapa banyak raja yang ketika dihukum mati, pakaiannya dibagi-bagi dengan membuang undi?
Kita ambil angka kemungkinan 1 peristiwa dari 100 kejadian.
Kombinasi kemungkinan gabungan kesembilan nubuat di atas adalah 1:600.000.000.000.000 x 1:100 = 1:60.000.000.000.000.000.

10. Tulang-tulang Messias Tidak Akan Dipatahkan

Tawanan Romawi yang dihukum mati dengan cara disalibkan, tubuhnya akan diletakkan dalam posisi sedemikian rupa sehingga ia hanya bisa bernafas bila mengangkat bagian atas tubuhnya dengan kedua betisnya, supaya diafragma dan paru-parunya bisa mengembang. Bila prajurit-prajurit Romawi ingin mempercepat kematian tawanan ini, mereka akan mematahkan kakinya dengan suatu alat pemukul, sehingga tawanan itu tidak mampu lagi mengangkat tubuhnya. Dalam beberapa menit tawanan itu akan mati karena kehabisan oksigen dan paru-parunya akan dipenuhi cairan.
Kemungkinan seorang tawanan yang disalibkan kakinya tidak dipatahkan karena sudah mati, kita ambil angka 1 kejadian dari 20 peristiwa penyaliban.
Kombinasi kemungkinan gabungan kesepuluh nubuat di atas adalah 1:60.000.000.000.000.000 x 1:20 = 1:1.200.000.000.000.000.000.

11. Messias akan Dikuburkan di dalam Makam Orang Kaya

Berapa banyak orang yang dihukum mati meskipun tidak bersalah, akan dimakamkan di dalam makam orang kaya? Lebih mungkin orang tersebut akan dimakamkan secara tidak terhormat. Kita ambil angka 1 kejadian dari 100 peristiwa.
Kombinasi kemungkinan gabungan kesebelas nubuat di atas adalah 1:1.200.000.000.000.000.000 x 1:100 = 1:120.000.000.000.000.000.000.

12. Messias akan Dibangkitkan dari Kematian

Berapa kemungkinannya seseorang dibangkitkan dari kematiannya sesudah 3 hari meninggal? Hampir mustahil. Tapi ini terjadi kepada Yeshua. Kita ambil angka 1 kejadian dari 100.000.000 manusia yang pernah mati.
Kombinasi kemungkinan gabungan kedua belas nubuat di atas adalah 1:120.000.000.000.000.000.000 x 1:100.000.000 = 1:12.000.000.000.000.000.000.000.000.000.
Dari 12 nubuat yang digenapi saja, kemungkinan itu terjadi kepada diri satu orang HANYA-lah 1 kesempatan di dalam 12.000.000.000.000.000.000.000.000.000 atau
1 kesempatan di dalam 12 milyar milyar milyar.
Jika ini ditambah 1 nubuat khusus lagi, hasilnya akan langsung berubah:

Messias akan Dilahirkan dari seorang Perawan

Berapa banyak manusia yang dilahirkan dari seorang perawan? Dari seluruh jumlah manusia yang pernah hidup di dunia ini, anggap saja hitungan kasar ada 10 milyar manusia. Kita ambil saja angka 1 kesempatan dari 1.000.000.000 kelahiran.
Kombinasi kemungkinan gabungan tiga belas nubuat di atas adalah 1:12.000.000.000.000.000.000.000.000.000 x 1:1.000.000.000 = 1:12.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.
Kemungkinan 13 nubuat di atas terjadi pada diri satu orang HANYA-lah 1 kesempatan dari 12.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 atau
1 kesempatan di dalam 12 trilyun trilyun trilyun.
Dengan kata lain, dari total 10 milyar manusia yang pernah ada di muka bumi, tidak ada satu pun yang bisa menggenapi HANYA 13 nubuat di atas.
Jadi kesimpulannya, hanya satu kesempatan di dalam 12 trilyun trilyun trilyun bagi nabi-nabi Perjanjian Lama, yang terpisah oleh jarak kurun waktu seribu tahun, untuk menyampaikan dengan akurat tiga belas nubuat secara terperinci (oleh 5 orang nabi) tentang kehidupan, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus ini secara kebetulan belaka.
Apabila setelah mempelajari semua data ini Anda masih belum yakin juga, ingatlah akan fakta bahwa kita baru meneliti 13 nubuat dari 48 nubuat utama yang diberikan dalam Perjanjian Lama mengenai Messias yang dijanjikan itu. Secara total, Yeshua menggenapi lebih dari 300 nubuat Alkitab.
Nubuat-nubuat ini membuktikan bahwa penulisan Alkitab diilhami oleh Elohim, dan membuktikan bahwa Yeshua adalah Messias yang dijanjikan dan adalah Anak Elohim.

Yesus Kristus dan Anda

Seperti sudah Anda baca, adalah rencana Elohim sejak sebelum permulaan dunia bahwa Yeshua haMashiach akan datang ke bumi dan disalibkan sebagai kurban yang sempurna, dan yang kudus, karena dosa-dosa manusia. Karena kasih Elohim bagi setiap kita, Dia menyediakan jalan keselamatan – satu-satunya jalan supaya kita dapat memasuki suatu hubungan persekutuan dengan Dia.
Semua nubuat-nubuat ini telah ditulis supaya Anda percaya bahwa Yeshua (Yesus) adalah Messias (Kristus), Anak Elohim, dan supaya Anda dapat memiliki hidup yang kekal dengan percaya dalam Nama-Nya.
Yohanes 3:18,36; 5:24  Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Elohim. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Elohim tetap ada di atasnya.” Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. (TB)
Namun sungguh tragis bahwa setiap tahun jutaan orang mati dalam ketidakpercayaan mereka bahwa Alkitab dan nubuat-nubuat tentang Yeshua haMashiach (Yesus Kristus) tidak dapat dipercayai. Namun, di hadapan semua bukti-bukti tentang otoritas Alkitab sebagai Firman Elohim yang diilhami dan kenyataan bahwa Yeshua adalah Messias, masing-masing dari kita perlu mempertimbangkan secara pribadi keputusan yang harus kita ambil tentang respon kita terhadap kehidupan, kematian dan kebangkitan Kristus.
Mengingat bahwa Alkitab sendiri menyatakan bahwa nubuat yang digenapi ini adalah bukti absolut bahwa Alkitab ditulis di bawah inspirasi langsung dari Elohim, fakta-fakta di atas telah memberikan bagi kita bukti-bukti yang menakjubkan mengenai otoritas Kitab Suci.

Baca:

350 Nubuat yang Digenapi Yesus Kristus

Secara keseluruhan, Yesus Kristus menggenapi lebih dari 350 nubuat Alkitab.
Kej 3:15Keturunan seorang perempuan (kelahiran dari perawan)Gal 4:4-5, Mat 1:18
Kej 3:15Dia akan meremukkan kepala ularIbr 2:14, 1Yoh 3:8
Kej 3:15Tumit Kristus akan diremukkan dengan paku di kayu salibMat 27:35, Luk 24:39-40
Kej 5:24Kenaikan secara lahiriah ke SurgaMrk 16:19, Why 12:5
Kej 9:26, 27Elohim Sem akan menjadi Anak keturunan SemLuk 3:23-36
Kej 12:3Keturunan Abraham akan memberkati bangsa-bangsaGal 3:8, Kis 3:25, 26
Kej 12:7Janji yang dibuat bagi keturunan AbrahamGal 3:16
Kej 14:18Seorang Imam menurut peraturan MelkizedekIbr 6:20
Kej 14:18Raja Damai Sejahtera dan KebenaranIbr 7:2
Kej 14:18Bayangan dari Perjamuan TerakhirMat 26:26-29
Kej 17:19Keturunan Ishak (Kejadian 21:12)Rom 9:7
Kej 22:8Anak Domba Elohim dijanjikanYoh 1:29
Kej 22:18Sebagai keturunan Ishak, akan memberkati bangsa-bangsaGal 3:16
Kej 26:2-5Keturunan Ishak dijanjikan sebagai PembebasIbr 11:18
Kej 28:12Jembatan menuju SurgaYoh 1:51
Kej 28:14Keturunan YakubLuk 3:34
Kej 49:10Waktu kedatangan-NyaLuk 2:1-7; Gal 4:4
Kej 49:10Keturunan YehudaLuk 3:33
Kej 49:10Dinamai Shiloh atau Yang DiutusYoh 17:3
Kej 49:10Messias akan datang sebelum Yehuda kehilangan identitasnyaYoh 11:47-52
Kej 49:10Kepada-Nya bangsa-bangsa akan taatYoh 10:16
Kel 3:13-15Akulah Aku – Aku yang BesarYoh 4:26, 8:58
Kel 12:3-6Anak Domba disiapkan bagi Israel 4 hari sebelum PaskahMrk 11:7-11
Kel 12:5Anak Domba yang tidak bercacat-celaIbr 9:14; 1Pet 1:19
Kel 12:13Darah Anak Domba menyelamatkan dari murkaRom 5:8
Kel 12:21-27Kristus adalah Paskah kita1Kor 5:7
Kel 12:46Tidak satu pun tulang Anak Domba dipatahkanYoh 19:31-36
Kel 15:2Pengagungan-Nya dinubuatkan sebagai YeshuaKis 7:55, 56
Kel 15:11Karakter-Nya: kekudusanLuk 1:35; Kis 4:27
Kel 17:6Gunung Batu Rohani Israel1Kor 10:4
Kel 33:19Karakter-Nya: penuh belas kasihanLuk 1:72
Im 1:2-9Pengurbanan-Nya sebagai korban yang harum di hadapan ElohimEf 5:2
Im 14:11Kusta ditahirkan – tanda keimamanLuk 5:12-14; Kis 6:7
Im 16:15-17Kematian Kristus satu kali untuk selamanyaIbr 9:7-14
Im 16:27Penderitaan di luar KemahMat 27:33; Ibr 13:11, 12
Im 17:11Garis keturunan lahiriahMat 26:28; Mrk 10:45
Im 17:11Darah yang mendamaikanRom. 3:23-24; 1Yoh 1:7
Im 23:36-37Persembahan curahan: Barangsiapa hausYoh 7:37
Bil 9:12Tidak satu pun tulang-Nya dipatahkanYoh 19:31-36
Bil 21:9Ular di atas tiang – Kristus ditinggikanYoh 3:14-18, 12:32
Bil 24:17Waktu: Aku akan melihat-Nya, tetapi tidak sekarangYoh 1:14; Gal 4:4
Ul 18:15Dia ini benar-benar nabi yang akan datang ke duniaYoh 6:14
Ul 18:15-16Jika kamu percaya kepada Musa, kamu juga percaya kepada-KuYoh 5:45-47
Ul 18:18Diutus Bapa untuk menyampaikan Firman-NyaYoh 8:28, 29
Ul 18:19Barangsiapa tidak mau mendengarkan-Nya, harus dilenyapkanKis 3:22-23
Ul 21:23Terkutuklah dia yang digantung di atas pohon/tiangGal 3:10-13
Yos 5:14-15Pemimpin kepada keselamatanIbr 2:10
Rut 4:4-10Kristus, sanak kerabat manusia, telah menebus kitaEf 1:3-7
1Sam 2:35Imam yang SetiaIbr 2:17, 3:1-3, 6, 7:24-25
1Sam 2:10Akan menjadi Raja yang diurapi bagi TuhanMat 28:18, Yoh 12:15
2Sam 7:12Keturunan DaudMat 1:1
2Sam 7:13Kerajaan-Nya kekal2Pet 1:11
2Sam 7:14aAnak ElohimLuk 1:32, Rom 1:3-4
2Sam 7:16Rumah Daud akan berdiri selamanyaLuk 3:31; Why 22:16
2Raj 2:11Kenaikan secara lahiriah ke SurgaLuk 24:51
1Taw 17:11Keturunan DaudMat 1:1, 9:27
1Taw 17:12-13Untuk memerintah di atas tahta Daud selamanyaLuk 1:32, 33
1Taw 17:13Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Dia Anak-KuIbr 1:5
Ayb 9:32-33Pengantara antara manusia dan Elohim1 Tim 2:5
Ayb 19:23-27Nubuat kebangkitanYoh 5:24-29
Mzm 2:1-3Permusuhan raja-raja dinubuatkanKis 4:25-28
Mzm 2:2Memiliki gelar Yang Diurapi (Messias)Yoh 1:41, Kis 2:36
Mzm 2:6Karakter-Nya: kekudusanYoh 8:46; Why 3:7
Mzm 2:6Memiliki gelar RajaMat 2:2
Mzm 2:7Dinyatakan Anak Yang DikasihiMat 3:17, Rom 1:4
Mzm 2:7, 8Penyaliban dan KebangkitanKis 13:29-33
Mzm 2:8, 9Memerintah bangsa-bangsa dengan tongkat besiWhy 2:27, 12:5, 19:15
Mzm 2:12Kehidupan datang berasal dari iman kepada-NyaYoh 20:31
Mzm 8:2Mulut bayi-bayi menyempurnakan pujian kepada-NyaMat 21:16
Mzm 8:5, 6Cela-Nya dan pengagungan-NyaIbr 2:5-9
Mzm 9:7-10Menghakimi dunia dalam kebenaranKis 17:31
Mzm 16:10Tidak akan melihat kebinasaanKis 2:31, 13:35
Mzm 16:9-11Untuk bangkit dari kematianYoh 20:9
Mzm 17:15Nubuat kebangkitanLuk 24:6
Mzm 18:2-3Tanduk keselamatanLuk 1:69-71
Mzm 22:1Ditinggalkan karena dosa-dosa orang lain2 Kor 5:21
Mzm 22:1Elohimku, Elohimku, mengapa Engkau meninggalkan aku?Mat 27:46
Mzm 22:2Kegelapan di atas Golgota selama tiga jamMat 27:45
Mzm 22:7Mereka mengatupkan mulut dan menggeleng-gelengkan kepalaMat 27:39-44
Mzm 22:8Dia percaya kepada Elohim, biarlah Dia melepaskan-NyaMat 27:43
Mzm 22:9-10Melahirkan JuruselamatLuk 2:7
Mzm 22:12-13Mereka berusaha membunuh DiaYoh 19:6
Mzm 22:14Darah-Nya tercurah ketika mereka menikam lambung-NyaYoh 19:34
Mzm 22:14, 15Menderita kesakitan di kayu salibMrk 15:34-37
Mzm 22:15Dia hausYoh 19:28
Mzm 22:16Mereka menusuk tangan dan kaki-NyaYoh 19:34, 37; 20:27
Mzm 22:17, 18Menelanjangi Dia di hadapan mereka yang menonton-NyaLuk 23:34, 35
Mzm 22:18Mereka membagi-bagi pakaian-NyaYoh 19:23, 24
Mzm 22:20, 21Dia menyerahkan diri-Nya kepada ElohimLuk 23:46
Mzm 22:20, 21Kuasa Satan meremukkan tumit sang PenebusIbr 2:14
Mzm 22:22Kebangkitan-Nya diberitakanYoh 20:17
Mzm 22:27-28Dia akan memerintah bangsa-bangsaKol 1:16
Mzm 22:31Sudah genapYoh 19:30, Ibr 10:10,12,14,18
Mzm 23:1Akulah Gembala yang baikYoh 10:11, 1Pet 2:25
Mzm 24:3Keagungan-Nya dinubuatkanKis 1:11; Flp 2:9
Mzm 30:3Kebangkitan-Nya dinubuatkanKis 2:32
Mzm 31:5Ke dalam tangan-Mu Ku-serahkan Roh-KuLuk 23:46
Mzm 31:11Sahabat-sahabat-Nya melarikan diri dari pada-NyaMrk 14:50
Mzm 31:13Mereka berunding untuk membunuh DiaMat 27:1, Yoh 11:53
Mzm 31:14, 15Dia percaya kepada Elohim, biarlah Dia menolong-NyaMat 27:43
Mzm 34:20Tidak satu pun tulang-Nya dipatahkanYoh 19:31-36
Mzm 35:11Saksi-saksi palsu bangkit melawan DiaMat 26:59
Mzm 35:19Dia dibenci tanpa alasanYoh 15:25
Mzm 38:11Sahabat-sahabat-Nya berdiri jauh-jauh dari pada-NyaLuk 23:49
Mzm 38:12Musuh-musuh-Nya berusaha menjerat-Nya dengan licikMrk 14:1, Mat 22:15
Mzm 38:12-13Diam di hadapan para pendakwa-NyaMat 27:12-14
Mzm 38:20Dia hidup untuk berbuat baikKis 10:38
Mzm 40:2-5Sukacita kebangkitan-Nya dinubuatkanYoh 20:20
Mzm 40:6-8Kesukaan-Nya adalah melakukan kehendak BapaYoh 4:34, Ibr 10:5-10
Mzm 40:9Dia mengajar Kebenaran di IsraelMat 4:17
Mzm 40:14Berhadapan dengan musuh-musuh di Taman GetsemaniYoh 18:4-6
Mzm 41:9Dikhianati oleh sahabat yang dikenal-NyaYoh 13:18
Mzm 45:2Firman Kasih Karunia keluar dari bibir-NyaYoh 1:17, Luk 4:22
Mzm 45:6Mendapatkan gelar, ElohimIbr 1:8
Mzm 45:7Pengurapan khusus oleh Roh KudusMat 3:16; Ibr 1:9
Mzm 45:7, 8Dinamai Kristus atau Messias (Yang Diurapi)Luk 2:11
Mzm 45:17Nama-Nya diingat selamanyaEf 1:20-21, Ibr 1:8
Mzm 55:12-14Dikhianati oleh seorang sahabat, bukan oleh musuhYoh 13:18
Mzm 55:15Kematian pengkhianat-Nya yang tidak bertobatMat 27:3-5; Kis 1:16-19
Mzm 68:18Memberikan pemberian-pemberian kepada manusiaEf 4:7-16
Mzm 68:18Naik ke SurgaLuk 24:51
Mzm 69:4Dibenci tanpa alasanYoh 15:25
Mzm 69:8Menjadi orang asing bagi saudara-saudara-NyaYoh 1:11, 7:5
Mzm 69:9Bergairah untuk Bait ElohimYoh 2:17
Mzm 69:14-20Penderitaan jiwa Messias sebelum penyalibanMat 26:36-45
Mzm 69:20Jiwaku amat sangat sedihMat 26:38
Mzm 69:21Diberikan cuka ketika hausMat 27:34
Mzm 69:26Juruselamat yang diberikan dan dihajar ElohimYoh 17:4; 18:11
Mzm 72:10, 11Orang-orang besar akan datang kepada-NyaMat 2:1-11
Mzm 72:16Biji gandum yang jatuh ke dalam tanahYoh 12:24-25
Mzm 72:17Percaya dalam nama-Nya membawa banyak keturunan (rohani)Yoh 1:12, 13
Mzm 72:17Semua bangsa-bangsa akan diberkati oleh DiaGal 3:8
Mzm 72:17Semua bangsa akan menyebut Dia diberkatiYoh 12:13, Why 5:8-12
Mzm 78:1-2Dia akan mengajar dalam perumpamaan-perumpamaanMat 13:34-35
Mzm 78:2bBerbicara Hikmat Elohim dengan otoritasMat 7:29
Mzm 80:17Orang tangan kanan ElohimMrk 14:61-62
Mzm 88Penderitaan dan Penghinaan di KalvariMat 27:26-50
Mzm 88:8Mereka berdiri jauh-jauh dan menyaksikanLuk 23:49
Mzm 89:27Anak sulungKol 1:15, 18
Mzm 89:27Immanuel akan lebih tinggi dari raja-raja bumiLuk 1:32, 33
Mzm 89:35-37Keturunan Daud, tahta dan kerajaan-Nya kekal selamanyaLuk 1:32, 33
Mzm 89:36-37Karakter-Nya: KesetiaanWhy 1:5, 19:11
Mzm 90:2Dia berasal dari kekekalan (Mik 5:2)Yoh 1:1
Mzm 91:11, 12Dikenali sebagai Messias; dipakai untuk mencobai KristusLuk 4:10, 11
Mzm 97:9Nubuat kemuliaan-NyaKis 1:11; Ef 1:20
Mzm 100:5Karakter-Nya: kebaikanMat 19:16, 17
Mzm 102:1-11Penderitaan dan Penghinaan di KalvariYoh 19:16-30
Mzm 102:25-27Messias adalah Anak Elohim yang sudah ada sebelumnyaIbr 1:10-12
Mzm 109:25DicemoohMat 27:39
Mzm 110:1Anak DaudMat 22:42-43
Mzm 110:1Naik ke sebelah kanan BapaMrk 16:19
Mzm 110:1Anak Daud yang disebut TuhanMat 22:44, 45
Mzm 110:4Imam menurut peraturan MelkizedekIbr 6:20
Mzm 112:4Karakter-Nya: Berbelas kasihan, berkemurahanMat 9:36
Mzm 118:17, 18Kepastian kebangkitan MessiasLuk 24:5-7; 1Kor 15:20
Mzm 118:22, 23Batu yang ditolak itu menjadi batu penjuruMat 21:42, 43
Mzm 118:26aDia yang Diberkati dinyatakan kepada IsraelMat 21:9
Mzm 118:26bDatang ke Bait SuciMat 21:12-15
Mzm 132:11Keturunan DaudLuk 1:32, Kis 2:30
Mzm 129:3Dia dicambukMat 27:26
Mzm 138:1-6Keutamaan Keturunan Daud menakjubkan raja-rajaMat 2:2-6
Mzm 147:3, 6Gambaran pelayanan Kristus di bumiLuk 4:18
Ams 1:23Dia akan mengutus Roh ElohimYoh 16:7
Ams 8:23Ditetapkan sejak kekekalanWhy 13:8, 1Pet 1:19-20
Kid 5:16Segala sesuatu-Nya elokYoh 1:17
Yes 2:3Dia akan mengajar bangsa-bangsaYoh 4:25
Yes 2:4Dia akan menghakimi bangsa-bangsaYoh 5:22
Yes 6:1Ketika Yesaya memandang kemuliaan-NyaYoh 12:40-41
Yes 6:8Dia yang Diutus ElohimYoh 12:38-45
Yes 6:9-10Perumpamaan bagi orang-orang yang telinganya tuliMat 13:13-15
Yes 6:9-12Buta akan Kristus dan tuli akan firman-NyaKis 28:23-29
Yes 7:14Dilahirkan dari seorang perawanLuk 1:35
Yes 7:14Menjadi Immanuel – Elohim beserta kitaMat 1:18-23, 1Tim 3:16
Yes 8:8Disebut ImmanuelMat 28:20
Yes 8:14Batu sandungan, batu karang penghalang1Pet 2:8
Yes 9:1, 2Pelayanan-Nya dimulai di GalileaMat 4:12-17
Yes 9:6Dilahirkan sebagai seorang Anak – Kemanusiaan-NyaLuk 1:31
Yes 9:6Seorang Putera diberikan – Keilahian-NyaLuk 1:32,Yoh 1:14,1Tim 3:16
Yes 9:6Dinyatakan sebagai Anak Elohim yang berkuasaRom 1:3, 4
Yes 9:6Ajaib (Ibr: peleh; ajaib, mujizat)Luk 4:22
Yes 9:6Penasihat (Ibr: Yaatz)Mat 13:54
Yes 9:6Elohim yang Perkasa (El Gibbor)1Kor 1:24, Titus 2:3
Yes 9:6Bapa yang Kekal (Avi Adth)Yoh 8:58, 10:30
Yes 9:6Raja Damai Sejahtera (Sar Shalom)Yoh 16:33
Yes 9:7Untuk mendirikan kerajaan yang kekalLuk 1:32-33
Yes 9:7Karakter-Nya: Benar dan AdilYoh 5:30
Yes 9:7Pemerintahan, Tahta, dan Damai Sejahtera-Nya tak berkesudahanLuk 1:32-33
Yes 11:1Dinamai Sang Tunas (Netzer) – Orang NazaretMat 2:23
Yes 11:1Tunas dari tunggul Isai – Anak IsaiLuk 3:23, 32
Yes 11:2Yang Diurapi oleh RohMat 3:16,17, Kis 10:38
Yes 11:2Karakter-Nya: Hikmat dan PengertianKol 2:3
Yes 11:3Dia akan mengetahui pikiran-pikiran merekaLuk 6:8, Yoh 2:25
Yes 11:4Menghakimi dalam kebenaranKis 17:31
Yes 11:4Menghakimi dengan pedang dari mulut-NyaWhy 2:16, 19:11, 15
Yes 11:5Karakter-Nya: Kebenaran dan KesetiaanWhy 19:11
Yes 11:10Bangsa-bangsa (goyim) akan mencari diaYoh 12:18-21
Yes 12:2Dinamai Yesus – YeshuaMat 1:21
Yes 22:22Seluruh otoritas pemerintahan diberikan kepada-NyaWhy 3:7
Yes 25:8Nubuat kebangkitan1Kor 15:54
Yes 26:19Kuasa kebangkitan-Nya dinubuatkanMat 27:50-54
Yes 28:16Messias adalah batu penjuru yang mahalKis 4:11, 12
Yes 28:16Dasar yang Teguh1Kor 3:11, Mat 16:18
Yes 29:13Nubuat ketaatan palsu terhadap Firman-NyaMat 15:7-9
Yes 29:14Hikmat orang berhikmat akan musnah oleh Firman-Nya1Kor 1:18-31
Yes 32:2Seorang Manusia yang menjadi tempat pengungsianMat 23:37
Yes 35:4Dia akan datang dan menyelamatkan kamuMat 1:21
Yes 35:5-6Memiliki pelayanan mujizat-mujizatMat 11:2-6
Yes 40:3, 4Didahului oleh seorang pembuka jalanYoh 1:23
Yes 40:9Lihatlah ElohimmuYoh 1:36; 19:14
Yes 40:10.Dia akan datang memberi upahWhy 22:12
Yes 40:11Gembala penuh belas kasihan yang menyerahkan nyawa-NyaYoh 10:10-18
Yes 42:1-4Hamba yang setia, pembebas yang panjang sabarMat 12:18-21
Yes 42:2Lemah lembut dan rendah hatiMat 11:28-30
Yes 42:3Dia membawa harapan bagi yang putus asaYoh 4
Yes 42:4Bangsa-bangsa menantikan pengajaran-NyaYoh 12:20-26
Yes 42:6Terang keselamatan bagi bangsa-bangsa (goyim)Luk 2:32
Yes 42:1, 6Belas kasihan-Nya di seluruh duniaMat 28:19, 20
Yes 42:7Mata yang buta dicelikkanYoh 9:25-38
Yes 43:11Dia satu-satunya JuruselamatKis 4:12
Yes 44:3Dia akan mengutus Roh ElohimYoh 16:7, 13
Yes 45:21-25Dialah Tuhan dan JuruselamatFlp 3:20, Titus 2:13
Yes 45:23Dia akan menjadi HakimYoh 5:22; Rom 14:11
Yes 46:9, 10Menyatakan hal-hal yang belum terjadiYoh 13:19
Yes 48:12Yang Awal dan Yang AkhirYoh 1:30, Why 1:8, 17
Yes 48:16, 17Dia datang sebagai RabbiYoh 3:2
Yes 49:1Dipanggil sejak dari kandungan: Kemanusiaan-NyaMat 1:18
Yes 49:5Hamba sejak dari kandunganLuk 1:31, Flp 2:7
Yes 49:6Dia akan memulihkan IsraelKis 3:19-21, 15:16-17
Yes 49:6Dialah keselamatan bagi IsraelLuk 2:29-32
Yes 49:6Dialah Terang bagi bangsa-bangsa (goyim)Yoh 8:12, Kis 13:47
Yes 49:6Dia Keselamatan sampai ke ujung-ujung bumiKis 15:7-18
Yes 49:7Dia dipandang rendah dan hina oleh bangsa-bangsaYoh 1:11, 8:48-49, 19:14-15
Yes 50:3Surga berselubung kegelapan saat Dia dipermalukan di salibLuk 23:44, 45
Yes 50:4Dia penasihat bagi yang lelahMat 7:29, 11:28, 29
Yes 50:5Hamba yang bersedia taatMat 26:39
Yes 50:6aMemberikan punggung-Nya kepada mereka yang memukulMat 27:26
Yes 50:6bDia dipukul di pipi-NyaMat 26:67
Yes 50:6cDia diludahiMat 27:30
Yes 52:7Menyatakan kabar baik di atas gunung-gunungMat 5:12,15:29,28:16
Yes 52:13Hamba yang ditinggikanKis 1:8-11;Ef 1:19-22,Fil 2:5-9
Yes 52:14Hamba yang dianiayaLuk 18:31-34; Mat 26:67,68
Yes 52:15Bangsa-bangsa tercengang dengan perkataan-NyaLuk 18:31-34; Mat 26:67,68
Yes 52:15Darah-Nya yang dicurahkan memercik kepada bangsa-bangsaIbr 9:13-14, Why 1:5
Yes 53:1Umat-Nya tidak percaya kepada-NyaYoh 12:37-38
Yes 53:2Penampilannya seperti manusia biasaFlp 2:6-8
Yes 53:3aDipandang hina, rendahLuk 4:28-29
Yes 53:3bDitolakMat 27:21-23
Yes 53:3cPenderitaan yang besar dan dukacitaMat 26:37-38,Luk 19:41,Ibr 4:15
Yes 53:3dManusia menyembunyikan diri ketika dihubungkan dengan DiaMrk 14:50-52
Yes 53:4aDia menjalankan pelayanan kesembuhanMat 8:16-17
Yes 53:4bManusia berpikir Dia dikutuk ElohimMat 26:66, 27:41-43
Yes 53:5aMenanggung hukuman kejahatan umat manusia2Kor 5:21, Ibr 2:9
Yes 53:5bPengorbanan-Nya memperdamaikan manusia dengan ElohimKol 1:20
Yes 53:5cPengorbanan-Nya menyembuhkan manusia dari dosa1Pet 2:24
Yes 53:6aDia penanggung dosa seluruh umat manusia1Yoh 2:2, 4:10
Yes 53:6bElohim menghendaki-Nya menanggung dosa umat manusiaGal 1:4
Yes 53:7aDitindas dan dianiayaMat 27:27-31
Yes 53:7bBerdiam diri di hadapan para pendakwa-NyaMat 27:12-14
Yes 53:7cAnak Domba yang dikorbankanYoh 1:29, 1Pet 1:18-19
Yes 53:8aDitahan dan dianiayaMat 26:47-27:31
Yes 53:8bDia akan dihakimiYoh 18:13-22
Yes 53:8cDibunuhMat 27:35
Yes 53:8dMati karena dosa-dosa dunia1Yoh 2:2
Yes 53:9aDikubur dalam makam orang kayaMat 27:57
Yes 53:9bTidak bersalah dan tidak melakukan kekerasanLuk 23:41, Yoh 18:38
Yes 53:9cTidak ada tipu daya di dalam mulut-Nya1Pet 2:22
Yes 53:10aKehendak Elohim bagi Dia untuk mati demi umat manusiaYoh 18:11
Yes 53:10bSuatu persembahan untuk dosaMat 20:28, Gal 3:13
Yes 53:10cDibangkitkan dan hidup kekalRom 6:9
Yes 53:10dDia akan berhasilYoh 17:1-5
Yes 53:11aElohim sangat dipuaskan oleh penderitaan-NyaYoh 12:27
Yes 53:11bHamba Elohim akan membenarkan manusiaRom 5:8-9, 18-19
Yes 53:11cPenanggung dosa seluruh umat manusiaIbr 9:28
Yes 53:12aDitinggikan Elohim karena pengorbanan-NyaMat 28:18
Yes 53:12bMenyerahkan nyawa untuk menyelamatkan manusiaLuk 23:46
Yes 53:12cTerhitung di antara para pendosaMrk 15:27-28
Yes 53:12dPenanggung dosa seluruh umat manusia1Pet 2:24
Yes 53:12eBersyafaat kepada Elohim bagi umat manusiaLuk 23:34, Rom. 8:34
Yes 55:3Dibangkitkan ElohimKis 13:34
Yes 55:4aSaksiYoh 18:37
Yes 55:4bDia adalah pemimpin dan pemerintahIbr 2:10
Yes 55:5Elohim akan memuliakan DiaKis 3:13
Yes 59:16aPerantara manusia dengan ElohimMat 10:32
Yes 59:16bDia datang menyediakan keselamatanYoh 6:40
Yes 59:20Dia datang ke Zion sebagai PenebusLuk 2:38
Yes 60:1-3Dia menyatakan terang kepada bangsa-bangsa lainKis 26:23
Yes 61:1aRoh Elohim ada atas-NyaMat 3:16-17
Yes 61:1bMessias mengajarkan kabar baikLuk 4:16-21
Yes 61:1cMenyediakan kemerdekaan dari belenggu dosaYoh 8:31-36
Yes 61:1-2aMemproklamasikan masa kasih karuniaGal 4:4-5
Yer 11:21Konspirasi untuk membunuh YeshuaYoh 7:1, Mat 21:28
Yer 23:5-6Keturunan DaudLuk 3:23-31
Yer 23:5-6Messias adalah Elohim dan ManusiaYoh 13:13, 1Tim 3:16
Yer 31:22Dilahirkan oleh seorang perawanMat 1:18-20
Yer 31:31Messias adalah Perjanjian BaruMat 26:28
Yer 33:14-15Keturunan DaudLuk 3:23-31
Yeh 34:23-24Keturunan DaudMat 1:1
Yeh 37:24-25Keturunan DaudLuk 1:31-33
Dan 2:44-45Batu yang menghancurkan kerajaan-kerajaanMat 21:44
Dan 7:13-14aDia akan naik ke surgaKis 1:9-11
Dan 7:13-14bSangat ditinggikanEf 1:20-22
Dan 7:13-14cKekuasaan-Nya kekalLuk 1:31-33
Dan 9:24aMengakhiri dosa-dosaGal 1:3-5
Dan 9:24aMelakukan rekonsiliasi bagi yang berdosaRom 5:10, 2Kor 5:18-21
Dan 9:24bKudusLuk 1:35
Dan 9:25Proklamasi-NyaYoh 12:12-13
Dan 9:26aDibunuhMat 16:21, 21:38-39
Dan 9:26bMati untuk dosa-dosa duniaIbr 2:9
Dan 9:26cDibunuh sebelum penghancuran Bait SuciMat 27:50-51
Dan 10:5-6Messias dalam kemuliaan-NyaWhy 1:13-16
Hos 11:1Dia dipanggil keluar dari MesirMat 2:15
Hos 13:14Dia mengalahkan kematian1Kor 15:55-57
Yoel 2:32Menawarkan keselamatan kepada semua umat manusiaRom 10:9-13
Yun 1:17Kematian dan kebangkitan KristusMat 12:40, 16:4
Mik 5:2aDilahirkan di BethlehemMat 2:1-6
Mik 5:2bPenguasa di IsraelLuk 1:33
Mik 5:2cDari kekekalanYoh 8:58
Hag 2:6-9Dia mengunjungi Bait Suci keduaLuk 2:27-32
Hag 2:23Keturunan ZerubabelLuk 2:27-32
Zak 3:8Hamba ElohimYoh 17:4
Zak 6:12-13Imam dan RajaIbr 8:1
Zak 9:9aDisambut sukacita di YerusalemMat 21:8-10
Zak 9:9bDipandang sebagai RajaYoh 12:12-13
Zak 9:9cMessias adil dan benarYoh 5:30
Zak 9:9dMessias membawa keselamatanLuk 19:10
Zak 9:9eMessias rendah hatiMat 11:29
Zak 9:9fDiarak ke Yerusalem dengan menunggang keledaiMat 21:6-9
Zak 10:4Batu penjuruEf 2:20
Zak 11:4-6aSaat kedatangan-Nya, Israel memiliki pemimpin yang tidak cakapMat 23:1-4
Zak 11:4-6bPenolakan membuat Elohim menyingkirkan perlindungan-NyaLuk 19:41-44
Zak 11:4-6cDitolak karena raja yang lainYoh 19:13-15
Zak 11:7Melayani yang “miskin”, sisa-sisa yang percayaMat 9:35-36
Zak 11:8aKetidakpercayaan membuat Messias menolak merekaMat 23:33
Zak 11:8bDihinaMat 27:20
Zak 11:9Berhenti melayani mereka yang menolak-NyaMat 13:10-11
Zak 11:10-11aPenolakan menyebabkan perlindungan Elohim diangkatLuk 19:41-44
Zak 11:10-11bMessias adalah ElohimYoh 14:7
Zak 11:12-13aDikhianati dengan 30 keping perakMat 26:14-15
Zak 11:12-13bDitolakMat 26:14-15
Zak 11:12-13c30 keping perak dilempar ke Bait SuciMat 27:3-5
Zak 11:12-13dMessias adalah ElohimYoh 12:45
Zak 12:10aTubuh Messias akan ditikamYoh 19:34-37
Zak 12:10bMessias adalah Elohim dan manusiaYoh 10:30
Zak 12:10cMessias akan ditolakYoh 1:11
Zak 13:7aKehendak Elohim bagi Dia untuk mati bagi manusiaYoh 18:11
Zak 13:7bKematian yang kejamMrk 14:27
Zak 13:7cElohim dan manusiaYoh 14:9
Zak 13:7dIsrael tercerai-berai karena menolak DiaMat 26:31-56
Zak 14:4Dia akan kembali ke Gunung ZaitunKis 1:11-12
Mal 3:1aUtusan-Nya mendahului MessiasMrk 1:1-8
Mal 3:1bMuncul dengan tiba-tiba di Bait SuciMrk 11:15-16
Mal 3:1cUtusan Perjanjian BaruLuk 4:43
Mal 3:6Elohim yang tidak berubahIbr 13:8
Mal 4:5Pendahulunya melayani dalam roh EliaMat 3:1-3,11:10-14,17:11-13
Mal 4:6Pendahulunya akan membawa banyak orang kepada kebenaranLuk 1:16-17

Referensi: